Arti Syukron

Arti Syukron dan Keutamaannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Arti Syukron – Ada satu kata yang sudah sering kita dengar bahkan mungkin kita sendiri ucapkan yaitu kalimat syukron.

Merupakan sebuah ucapan singkat yang berasal dari bahasa Arab dan tertulis dalam bahasa Arab yang apabila dimaknai secara bahasa adalah “ terima kasih”.

Sehingga dalam penggunaan kata syukron sudah sering kali dipakai oleh seseorang sebagai sebuah ucapan terima kasih.

Namun selain itu juga biasanya kata syukron ini kerap juga disandingkan dengan kata “katsiraa”, dan terbentuklah sebuah kata “syukron katsiraa” yang jika diartikan secara bahasa ialah “terima kasih banyak“.

Jika kita sudah mengetahui secara bahasa makna dari syukron ini makan akan terdapat sejumlah bentuk variasi ucapan lainya yang mana di dalamnya dapat disandingkan dengan kata syukron, yang diantaranya sebagai berikut:


Arti Syukron (شُكْرًا) dan Kata-Kata Pelengkapnya


kabarmakkah.com

1. Syukron ‘Ala Du’aika

Bahasa arab di atas jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yakni “terima kasih atas doamu“.

Biasanya seseorang yang sedang sakit lalu didoakan kesembuhannya oleh saudaranya maka kata ini bisa menjadi balasan atas doa yang diberikan.

2. Syukron Laki

Jika diartikan secara bahasa maka kata ini mengandung makna terima kasih untukmu, jika lawan bicaranya adalah seorang wanita.

Kata ini sudah menjadi ucapan umum di kalangan masyarakat ketika seseorang menerima kebaikan dari orang lain dan sudah semestinya berterima kasih.

Kamu tidak usah malu-malu lagi untuk ikut trend baik masyarakat ini karena selain terlihat keren kita juga akan merasakan nuansa islami.

3. Syukron Jazilan

Tidak jauh-jauh dari makna kata yang di atas, kata ini secara bahasa memiliki arti “terima kasih banyak”.

4. Syukron ‘Ala Du’aiki

Bahasa arab kaya akan bahasanya, beda lawan bicaranya maka beda pula cara penyampaian kalimatnya.

Jika “syukron ‘ala du’aika” ditujukan untuk lawan bicara pria, maka “syukron ‘ala du’aiki” ditujukan untuk wanita.

entunya makna yang dikandung dari kalimat ini sama, hanya saja cara pengucapannya yang berbeda tergantung dari lawan bicaranya.

5. Syukron Laka

Dengan memiliki makna yang sama yakni secara bahasa terima kasih untukmu.

Namun kalimat ini ditujukan ketika lawan bicaranya adalah seorang pria.

6. Syukron ‘Ala Du’aihi

Secara bahasa kalimat ini mengandung makna “terima kasih atas doanya”.

Dimana jika disimak secara sekilas memiliki makna yang sama dengan kalimat-kalimat sebelumnya.

Dan kalimat ini di ucapkan ketika lawan bicaranya atau ucapan tersebut ditujukan untuk seorang pria.

7. Syukron ‘Ala Du’aiha

Masih dengan kata yang sama, kalimat ini secara bahasa mengandung makna terima kasih atas doanya.

Dan kalimat ini ditujukan jika lawan bicara tertuju untuk seorang wanita.

8. Syukron Yaa Habibati

Bahasa Arab di atas memiliki makna yang sama namun cukup mendalam.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia kalimat ini mengandung makna “terima kasih sayangku”.

Kamu yang jomblo nngak bakalan kuat, dan kalimat ini ditujukan jika lawan bicara atau ucapannya ditujukan untuk seorang wanita.

9. Syukron Yaa Habibi

Masih dalam kawasan baper ya. Jika kalimat ini diartikan dalam bahasa Indonesia maka akan memiliki makna “terima kasih sayangku” ini jika lawan bicara atau ucapannya ditujukan untuk seorang pria.

Pada dasarnya kalimat ini tidak terkhusus pada orang yanng sudah memiliki pasangan loh ya.

Melainkan bagi orang Arab kalimat ini ditujukan kepada orang-orang yang mereka kagumi, hormati, sayangi tanpa terkecuali.

Meski sesama wanita atau laki-laki bagi mereka itu hal yang wajar untuk mengungkapkan rasa terimakasih mereka sekaligus rasa sayang mereka kepada orang yang sudah mau menolong mereka.

Jadi jika kamu menemukan orang-orang yang mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan kalimat di atas mungkin pada awalnya akan geli.

Namun jika kamu sudah memahami maknanya dan juga terbiasa maka dengan sendirinya kamu akan menerima.

10. Syukron ‘Ala Kulli hal

Jika kita artikan secara bahasa kalimat ini mengandung makna terima kasih atas semua yang diberikan.

Kalimat ini keluar ketika seseorang merasa benar-benar tertolong saat mereka berada dalam kondisi yang sulit maupun payah.

Mereka mengungkapkan kalimat ini secara spontan sebagai rasa syukur atas pertolongan dari Allah yang telah menggerakkan hati manusia untuk mau membantu sesama.

Keutamaan saat menggunakan ungkapan kata syukron ini yang artinya terima kasih ialah merupakan sebuah ucapan yang sangat mudah untuk di ungkapkan pada siapa saja khususnya umat muslim.

Akan tetapi masih banyak yang belum memahami bahwasanya ucapan kalimat syukron ini merupakan sebuah ucapan yang sangat bermanfaat terutama terhadap yang mengucapkan kalimat ini dan juga terhadap yang mendapatkan ucapan kalimat ini.

Dari berbagai manfaat, salah satunya ialah agar bisa memberikan sebuah pelajaran yang berharga untuk kita pribadi masing-masing.

Supaya kita senantiasa dapat selalu bersyukur atas segala nikmat yang sudah Allah SWT limpahkan terhadap kita dan kita akan selalu dihindarkan dari kekufuran nikmat.


Jawaban Kata Syukron


Tentu kita juga harus mengetahui balasan atas ucapan orang lain yang mengucapkan kata syukron kepada kita.

Bagaimana cara menjawab atau membalas ketika seseorang mengucapkan syukron kepada kita ? Jadi, kata syukron dapat dijawab dengan kalimat ‘afwan.

Kata ‘afwan sendiri pada dasarnya memiliki arti maaf, namun biasanya kata ini juga kerap dipakai pada saat akan menjawab tatkala ada seseorang yang berkata syukron.

Tetapi juga ada yang memaknai kata ‘afwan tersebut sebagai sama-sama.

Dari beberapa sumber, menjelaskan bahwa kata ‘afwan biasanya dipakai guna menampakkan suatu sikap keramahan dan kerendahan hati seseorang yang memperoleh perkataan syukron atau terima kasih dari seseorang.

Selain itu dalam menggunakan kalimat ‘afwan ini juga menunjukan bahwa dengan pertolongan yang sudah seseorang berikan tersebut tidaklah seberapa, hanya sekedarnya saja.

Sebagai seorang muslim tentu kita harus mempelajari bahasa Arab bukan? Mengapa?

Karena bahasa Arab itu sendiri merupakan bahasa dari kitab pedoman hidup kita sebagai umat muslim yakni Al-Qur’an.

Selain menjadi bahasa dari kalam Allah, bahasa Arab juga merupakan bahasa dari suri tauladan kita yakni Rasulullah SAW, maka itu sudah menjadi landasan kuat bagi kita untuk mempelajari bahasa Arab.

Selain itu kita juga diajarkan dalam kehidupan kita untuk senantiasa selalu dapat mengucapkan rasa terima kasih atau syukron terhadap siapapun yang sudah berbuat baik kepada kita.

Dan bukan hanya itu saja, melainkan juga yang mana rasa terima kasih juga merupakan sebuah bentuk dari rasa syukur kepada Allah.

Pada hakikatnya nikmat syukur itu berasal dari Allah sedangkan manusia hanya sebagai perantara dalam menyampaikan yang Allah kehendaki.


Jadi dapat kita simpulkan dari kalimat syukron ini adalah disaat kita diberikan kebaikan oleh orang lain maka sudah semestinya kita berterima kasih.

Dengan cara mengucapkan kata syukron atau sesuai dengan variasi yang sudah dijabarkan di atas, agar kosa katamu semakin bertambah.

Dan disaat kamu mendapatkan ucapan syukron dari orang lain, kamu bisa membalasnya dengan ucapan ‘afwan yang artinya bisa menjadi maaf, atau hanya bisa berbuat sedemikian dan makna lainnya yang memiliki makna rendah hati.

Selain itu untuk menambah kosa kata kamu, kamu juga bisa mengganti arti kata syukron tersebut dengan ucapan “Jazakallahu khairan” yang artinya semoga “Allah membalas kebaikan untukmu”.

Orang yang berbuat baik dengan ikhlas, tidak akan pernah gila atau mengharapkan ucapan terima kasih dari orang lain.

Namun kita sebagai seorang muslim yang menikmati karunia Allah melalui ketulusan hati orang lain itulah yang memerlukan rasa terima kasih, sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah.

Demikian beberapa pengertian tentang arti dari kata syukron serta balasan yang kita ucapkan saat seseorang mengucapkannya.

Semoga apa yang didapatkan bisa bermanfaat oleh pembaca dalam kehidupan sehari-hari.

Dari hal-hal kecil jika kita mengamalkannya maka hal kecil itulah yang akan menciptakan nuansa yang Islami di sekeliling kita.

Leave a Comment