Kata-Kata Bijak Islami yang Menenangkan Hati

Kata Bijak Islami – Salah satu kenikmatan yang kita dapat adalah lidah. Namun kebanyakan orang tidak menggunakan lidahnya dengan baik.

Mulai dari omongan kotor, kebohongan bahkan bergunjing. Padahal sesungguhnya lidah diciptakan untuk banyak menyebut asma Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pasti anda sering mendapatkan kondisi di mana anda harus mengungkapkan suatu kata kepada orang lain atau menceritakan sesuatu kepada orang lain atau menyemangati orang lain dan berharap agar orang tersebut mengerti apa yang ingin kita rasakan.

Namun, terkadang mereka tidak mengerti dengan apa yang kita ucapkan dan akhirnya berujung dengan salah menafsirkan.

Mungkin, anda perlu mencari dan memilih kata yang tepat untuk mengungkapkannya.

Namun kata-kata merupakan sebuah penggerak yang mengandung arti dan makna.

Kata bijak tentu merupakan rangkaian kata terbaik untuk menggambarkan kondisi dan situasi saat itu, baik itu untuk pemulihan maupun untuk menasihati.


Tentang Roda Kehidupan


Kata Bijak Islami
liputan6.com

Dalam Islam kata-kata bijak itu sendiri sudah banyak dalam Al-Qur’an dan dikembang luaskan oleh para penyair-penyair untuk memotivasi seseorang dalam beribadah.

Manusia tak hanya merasa bahagia saja bukan? Melainkan juga sesekali datang perasaan sedih yang tiba-tiba datang tanpa diduga-duga dan membuat perasaan menjadi gelisah dan gundah-gulana.

Jika kamu seorang muslim yang sedang galau yang sedang diterpa berbagai perasaan karena permasalahan hidup, mungkin kata-kata bijak islami bisa memberikan dorongan semangat dan menenangkan hati kamu.

Pastinya nggak ada orang yang mau merasakan sedih bukan?

Namun terkadang masalah memang datang secara tiba-tiba dan membuat hari-harimu menjadi sedikit sepi dan terasa suram.

Kamu tidak bisa mengharapkan kehadiran orang lain setia saat di sisimu untuk menasihatimu.

Maka, bacalah! Risalah Tuhan atau perkataan orang saleh dengan kebijaksanaan yang luar biasa.

Bisa menghadirkan kekuatan tersendiri bagi yang menerimanya sepenuh hati. Masalah apapun yang dihadapi jadi terasa kecil dan tak ada artinya.


Kata-Kata Bijak Islami yang Menenangkan Hati


Orang beriman yakin jika masalah yang datang merupakan bentuk ujian dari Tuhan.

Barang siapa bersabar dengan ujian yang dialami, maka akan mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi di sisi Allah.

Namun sebagai manusia wajar saja jika perasaan bersedih sering berlarut-larut ada dalam hati ketika cobaan itu dianggap berat.

Biar galau kalian tidak berkepanjangan, dan kalian makin semangat untuk memotivasi diri sendiri.

Cocok buat kamu yang sedang butuh kata-kata bijak Islami untuk bangkit menghadapi kerikil-kerikil kehidupan.

Nggak hanya dijadikan sebagai renungan diri sendiri saja tapi, juga cocok untuk menghiasi media sosial.

Kebanyakan kata-kata bijak dari agama akan memberikan ketenangan batin bagi perenungnya.

Kata-kata bijak Islami memotivasi diri untuk berpikir positif, menjadikan hari-hari kamu lebih bermakna dan selalu ingat Sang Pencipta.

Berikut rangkuman kata-kata bijak Islami yang sudah penulis pilih:

Dikutip dari buku karangan Salim A. Fillah yang berjudul “Jalan Cinta Para Pejuang”

Cinta berjalan di hadapan kita dengan mengenakan gaun kelembutan. Tetapi sebagian kita lari darinya dalam kegelapan. Dan sebagian lain mengikutinya untuk melakukan kejahatan atas nama cinta. (Kahlil Gibran)

Kata bijak sekaligus syair ini merupakan gambaran manusia yang pada fitrahnya memiliki cinta suci sesuai syariat yang datang meski tidak diminta.

Namun sebagian dari kita kebanyakan menyalah artikan kata cinta yang sesungguhnya dan berjuang sia-sia untuk sesuatu kejahatan dengan berkedokan cinta.

Langit selalu cantik dengan bintangnya, muslimah selalu cantik dengan hijabnya

Kata ini begitu indah dikemas, siapapun yang mendengarnya akan tersanjung.

Jika teman sejawat saling menasihati sahabatnya dengan kalimat-kalimat yang indah seperti ini dan langsung diterima oleh lawan bicaranya betapa indahnya hidup ini bukan, penuh dengan cinta damai.

Kalimat yang dikemas sedemikian rupa ini telah diselipkan di dalamnya kata nasihat yang bersifat mengajak, tanpa harus menggurui.

Apalagi yang menyampaikannya seorang pria, duh pasti klepek-klepek ya si cewek. Hihihi…

Ketika ada sesuatu yang hilang dalam diri kita, bersabarlah. Jika memang milik kita Insyaallah akan kembali, jika tidak akan Allah ganti dengan yang lebih baik.

Kita sering kehilangan, baik itu harta, benda bahkan orang yang kita sayangi.

Tidak tertutup kemungkinan kesalahan itu sebenarnya dari kita sendiri, namun kadang kita terlanjur kecewa dan frustasi apalagi kalau yang hilang memanglah sangat penting.

Maka tidak ada salahnya untuk berusaha mencari, jika itu memang masih bisa dicari.

Namun jika memang tidak memungkinkan alangkah baiknya kita bersabar dan menyerahkan segala urusan kepada Allah.

Karena sebaik-baik tempat kembali adalah di sisi Allah, dan rezeki bakalan tidak kemana-mana, bahkan Allah berjanji akan mengganti dengan yang lebih baik jika kita bersabar.

Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali Bin Abi Thalib)

Kata-kata bijak ini mengajak kita jangan terlalu banyak bicara hal-hal pribadi pada orang lain. Apapun yang kita perbuat cukup hanya kita dan Allah yang tahu.

Mereka yang percaya dengan kita akan paham dengan perbuatan kita tanpa kita harus banyak berkata-kata, dan mereka yang membenci serinci apapun kita menjelaskan perkara kepada mereka, mereka tidak akan percaya dengan kita.

Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik._Ali bin Abi Thalib

Ketika kita tersinggung dengan perbuatan dan kata-kata orang lain kita akan cenderung untuk membalas mereka dengan hal serupa. Maka berhentilah!

Kita akan menjadi orang yang sama seperti dengan mereka jika kita membalas.

Kata-kata mutiara di atas mengajak kita untuk membalas dendam dengan cara yang lebih elegan yaitu dengan menjadi lebih baik secara ilmu dan ketaatan kepada Allah.

Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan._QS. Al-Insyirah: 5

Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an bahwasanya setiap kesulitan yang datang menghampiri kita itu tidak lain datang bersamaan dengan kemudahan.

Jadi tidak ada masalah tanpa solusi, semuanya bisa diselesaikan dan itulah janji Allah kepada makhluk-Nya.

Islam memperlakukan wanita dengan hormat dan bermartabat. Maka jangan mau menerima apapun yang lebih rendah dari itu.

Wanita menjadi sorotan utama dalam sebuah negeri. Baik akhlak wanita dalam suatu negeri maka aman dan sentosa negeri tersebut, dan sebaliknya jika bobrok wanita dalam negeri tersebut maka hancurlah negeri tersebut.

Wanita pada masa jahiliyah hanya dijadikan budak nafsu, karena hinanya wanita pada masa itu.

Semenjak Islam datang, wanita diangkat kehormatannya oleh Allah sehingga tidak ada yang berhak semena-mena dengan wanita lagi.

Kita sebagai muslimah yang terlahir dengan kehormatan sebagai wanita jangan mau kembali lagi ke masa-masa jahiliyah tersebut.

Kebencian yang mendalam akan memupuk cinta dengan izin Allah, karena orang yang membenci yang mengikuti segala aktivitas kita dengan seksama.

Buat kamu yang murung, jangan pernah takut dibenci oleh siapapun ya. Karena Allah lah yang Maha Membolak-Balikan hati manusia.

Sehingga sering muncul istilah “benci jadi cinta.” Jadi selama yang kamu lakukan adalah baik jangan pernah takut akan dimusuhi.

Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan atau mempersilahkan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan._Salim A. Fillah

Jadi kata orang “tunggu aja jodoh itu datang” bisa aja salah ya! Karena segala sesuatu butuh ikhtiyar atau usaha.

Kalau bukan kita yang inisiatif mencari, maka kita harus mempersilahkan orang untuk menghampiri.

Tapi dalam lingkupan yang syar’i ya tentunya. Dan pacaran setelah menikah. Setuju?

Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan pula menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan._Buya Hamka

Dalam syair atau kata bijak di atas terkandung makna arti cinta sejati.

Karya tokoh muslim asal Indonesia yang sudah mendunia ini menjelaskan makna cinta yang sesungguhnya bahwa cinta yang sebenarnya itu membuat seorang semakin kuat, membuat seorang semakin berjuang akan cinta, membuat seseorang yakin untuk mencapai kebahagiaannya.

Namun terkadang kita sudah diselubungi dengan kisah cinta palsu yang diumbar sana-sini dengan kesedihan, rasa putus asa, dan ingin mati karena tidak sanggup ditinggalkan cinta. Itu bukanlah cinta sahabat muslimku.


Banyak lagi kata-kata bijak Islami yang bisa kita cari dari berbagai sumber. Kata-kata yang disusun dengan indah sehingga yang mendengarnya pun ikut damai dan tentram.

Namun, sebanyak apapun kita mempelajari kata-kata bijak atau syair-syair, kesemua itu tidaklah sebanding dengan kata-kata bijak yang ada di dalam Al-Quran dan Al-Hadits.

Demikian penjelasan kami mengenai Kata Bijak Islami. Semoga bermanfaat.

1 thought on “Kata-Kata Bijak Islami yang Menenangkan Hati”

  1. whoah this weblog is excellent i like studying your articles.
    Keep up the good work! You already know, lots of individuals
    are hunting round for this info, you can aid them greatly.

    Reply

Leave a Comment