Percakapan Bahasa Arab Dasar yang Wajib Dikuasai Pemula

percakapan bahasa arab
istizada.com

Percakapan dalam bahasa Arab sangat mudah dipelajari. Sama mudahnya dengan kita mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah Bahasa Indonesia. Untuk membuat sebuah percakapan kalimat-kalimat yang disusun, susunannya hampir sama dengan kalimat dalam Bahasa Indonesia.


Percakapan Bahasa Arab


Mempelajari bahasa Arab tidak harus karena ingin berpergian ke negeri Arab. Bahasa Arab banyak juga dipelajari oleh pelajar di Indonesia, terutama bagi mereka para santri yang bersekolah di ponpes. Tak hanya santri ponpes, setingkat mahasiswa pun banyak yang mempelajarinya terutama yang mengambil jurusan sastra dan Bahasa Arab.

Untuk bisa melakukan percakapan Bahasa Arab ada hal-hal yang perlu dilakukan bagi kalian yang ingin memulai belajar. Tips-tips berikut penting untuk dilakukan agar berhasil menguasai percakapan bahasa arab.

Tips Lancar Percakapan Bahasa Arab

Pertama adalah niat, segala sesuatu harus diniati sejak awal dan yakin kalau kita bisa melakukannya. Tentunya niat tersebut harus dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Kedua adalah dengan membaca, karena membaca akan memperluas pengetahuan kita. Berawal dari ketidaktahuan dengan membaca dapat menambah pengetahuan kita termasuk membaca buku tentang pelajaran Bahasa Arab.

Ketiga adalah memahami, bagaimana kita memahami tulisan bahasa Arab tentunya dengan membuka kamus Arab atau dengan aplikasi kamus Bahasa Arab. Intinya kita paham arti dari kata yang kita ucapkan.

Keempat adalah menghafal, tentu kita tidak mungkin terus-menerus melihat buku. Jika ingin bercakap-cakap haruslah ada kosa kata yang kita hafal dan kuasai. Tak perlu kuatir akan kesusahan menghafal. Cukup dengan dipraktekkan sehari-hari maka akan hafal dan terbiasa dengan sendirinya.

Saat langkah menghafal ini setiap hari perlu ditargetkan ada berapa kata yang harus dihafal. Tak lupa juga mengulang kata yang sebelumnya telah dihafal. Agar kosa kata bahasa Arab bertambah dan bisa mempraktekkan percakapan Bahasa Arab.

Kelima adalah percaya diri, apabila sudah mulai bisa sedikit-sedikit percakapan bahasa Arab hendaknya kita percaya diri untuk mencoba. Berlatih sendiri terlebih dahulu dengan memerankan dua karakter, menjadi penanya sekaligus penjawab.

Terakhir adalah mencari teman berlatih. Nah, teman berlatih ini bisa teman kalian sendiri atau orang asing langsung. Bila kalian ingin langsung berlatih mempraktekkan percakapan bahasa Arab yang sudah dikuasai dengan orang Arab carilah teman di media sosial. Sekalian minta ia untuk mengoreksi bahasa Arab kalian.

Cara Memulai Percakapan dengan Orang Baru

Memulai percakapan dengan orang baru tentu tidaklah mudah, apalagi dengan orang Asing yang berbeda negara dan bahasanya. Meskipun begitu bila kita tidak memulainya kita tidak akan pernah tau dan bisa jadi tidak ada kesempatan lainnya.

Saat kalian akan mencoba berinteraksi dengan orang asing ada hal-hal yang perlu diperhatikan, misalnya:

1. Perkenalkan diri terlebih dahulu

2. Awali percakapan dengan topik-topik yang ringan dan kalian kuasai

3. Kemukakan tujuan kalian berinteraksi dengannya, tentu tujuan kalian ingin lanjar berbahasa Arab bukan.

4. Berteman dengan mereka dan sapa terus bila ada kesempatan. Hal ini juga termasuk konsistensi dalam belajar percakapan bahasa Arab.

5. Terus tambah kosakata dan perluas topik percakapan. Untuk kosakata bahasa arab dasar bisa dibaca pada link berikut Kosakata Bahasa Arab Dasar .

Nah itu sedikit tips yang bisa dipraktekkan untuk memulai percakapan dengan orang asing. Apabila kalian memiliki kesempatan mengunjungi negara yang menggunakan bahasa Arab akan lebih baik lagi. kalian bisa praktek langsung secara lebih real.

Bagi kalian yang akan berpergian ke negara Arab juga perlu mempelajari sedikit percakapan dalam bahasa Arab. Setidaknya kalian tidak akan begitu kebingungan untuk berkomunikasi dengan penduduk asli. Meskipun beberapa orang pasti ada yang bisa berbahasa Inggris atau bahkan Indonesia, tidak ada salahnya belajar.

Apalagi kalian yang ingin traveling secara backpacker dengan budget terbatas, tentu kalian tidak akan menyewa tour guide. Meskipun tanpa tour guide kalian para pelancong backpacker juga tetap bisa survive asalkan bisa sedikit percakapan bahasa Arab berikut:

Percakapan Bahasa Arab Dasar

Siapa namamu? : What’s your name? ما اسمك؟, ما اسمكِ؟ (ma ismok? (m), ma ismoki? (f)

Namaku …. : My name is […].اسمي […] (ismi […])

Berapa umurmu? : How old are you? كم عمرك؟, كم عمركِ؟ (kam ‘omroka? (m), kam ‘omroki? (f))

Umurku … tahun : I’m […] years old. أنا في […] من العمر (ana fi […] mina al ‘omr)

Dimana kamu tinggal? : Where do you live? أين تسكن؟, أين تسكنين؟ (ayna taskon? (m), ayna taskoneen? (f))

Saya tinggal di : I live in […].أسكن في […] (askon fi […])

Senang bertemu denganmu : Nice to meet you! سررت بمقابلتك!, سررت بمقابلتكِ! (sorirto bi moqabalatika! (m), sorirto bi moqabalatiki! (f))

Bagaimana kabarmu? : How are you? كيف حالك؟, كيف حالكِ؟ (kayfa halok? (m), kayfa haloki? (f))

Baik, terimakasih : Good, thank you! جيد، شكرا لك, جيد، شكرا لكِ (jayid, shokran lak (m), jayid, shokran laki (f))

Bisakah anda berbahasa Inggris? Do you speak English? (formal) هل تتكلم الإنجليزية؟, هل تتكلمين الإنجليزية؟ (hal tatakalam al enjliziyah? (m) [7], hal tatakalameen al enjliziyah? (f))

Ya saya bisa berbahasa Inggris : Yes, I do speak English. نعم، أتكلم الإنجليزية (na’am, atakalamo al enjliziyah)

Tidak saya tidak bisa berbahasa Inggris : No, I don’t speak English. لا، لا أتكلم الإنجليزية. (la, la atakalamo al enjliziyah)

Keywords: Percakapan Bahasa Arab

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*