5 Universitas Islam Terbaik di Indonesia Baik Swasta Maupun Negeri

umm.ac.id

Universitas Islam Terbaik Indonesia – Pendidikan adalah investasi bangsa untuk mewujudkan peradaban masyarakat yang unggul.

Melalui pendidikan maka sebuah bangsa dapat mengelola Sumber Daya Alam (SDA) dengan baik dengan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Sehingga dapat mensejahterakan seluruh warga negaranya.

Jenjang Universitas atau pendidikan tinggi merupakan salah satu media yang dapat menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni itu.

Dengan menempuh pendidikan dan ditempa dengan berbagai disiplin ilmu, diharapkan dapat menciptakan generasi yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Sehingga nantinya dapat ikut berperan memajukan bangsa dan dapat bersaing di skala internasional.


Universitas-Universitas Islam Terbaik di Indonesia


Universitas Islam Terbaik Indonesia
scholarsofficial.com

Islam adalah agama yang sangat mendukung intelektualitas umatnya. Bahkan, ayat pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah “Iqra’” yang berarti bacalah. Dimana dalam surah ini mengajarkan kepada kita mengenai keutamaan menuntut ilmu.

Oleh sebab itu, dengan membaca maka kita akan dapat memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan, sehingga akan mampu untuk mengolah segala sumber daya di alam dan dapat memecahkan berbagai permasalahan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak universitas islam baik universitas negeri maupun universitas swasta.
Berikut ini adalah daftar universitas negeri terbaik yang ada di Indonesia:

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

mamikos.com

Universitas yang didirikan pada 1 juni 1957 ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT Indonesia. Pendirian universitas ini bermula dari keinginan untuk memiliki lembaga pendidikan tinggi yang berwawasan berdasarkan asas-asas islam, modern, dan cinta tanah air (Indonesia).

Berdasarkan sejarah, pendirian Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tak lepas dari peran Pesantren Luhur, Sekolah tinggi Islam di Padang tahun 1946, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan pendirian Akademi Dinas Departemen Agama (ADIA) pada tahun 1957 di Jakarta.

Sudah menjadi tradisi bahwa pemilihan nama suatu perguruan tinggi biasanya menggunakan nama-nama tokoh di bidang kemiliteran. Namun, UIN lebih memilih nama-nama tokoh Islam di bidang keagamaan.

Pemilihan nama UIN Syarif Hidayatullah karena nama tersebut merupakan nama asli dari salah satu tokoh Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Nusantara, yaitu Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati berperan besar dalam memperkenalkan agama Islam di wilayah Jakarta atau yang dulu dikenal sebagai Sunda Kelapa.

Sebagai universitas Islam, UIN Syarif Hidayatullah memiliki visi untuk menjadi Universitas yang unggul dan terintegrasi di bidang keilmuan, keislaman, dan tentu saja ke-Indonesiaan.

Saat ini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki 12 fakultas yaitu:

1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
2) Fakultas Adab dan Humaniora,
3) Fakultas Ushuluddin,
4) Fakultas Syariah dan Hukum,
5) Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi,
6) Fakultas Dirasat Islamiah,
7) Fakultas Psikologi,
8) Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
9) Fakultas Sains dan Teknologi,
10) Fakultas Ilmu Kesehatan,
11) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan
12) Fakultas Kedokteran.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana/ lulusan yang memiliki iman, takwa, berakhlak mulia, dan unggul serta kompetitif dalam persaingan global.

2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

cerdaskuliah.com

Tahun 1951 sampai dengan 1960 disebut juga sebagai tahun rintisan berdirinya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) Yogyakarta.

Pada periode ini dilakukan pengesahan Fakultas Agama Universitas Islam Indonesia (UII) yang awalnya berstatus swasta, menjadi sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Pada periode kedua yaitu sekitar tahun 1960-1972 merupakan periode peletakan landasan yang ditandai dengan peresmian Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pada tanggal 24 Agustus 1960. Kemudian pada tanggal 25 februari 1963 IAIN Yogyakarta berganti nama menjadi IAIN Sunan Kalijaga.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki visi yaitu unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan ke-Islaman dan keilmuan bagi peradaban.

Universitas yang terakreditasi A oleh BAN-PT ini kini memiliki 8 fakultas. Yaitu Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Syariah dan Hukum, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora, dan Ekonomi dan Bisnis Islam.

3. UIN Sultan Syarif Qasim Pekanbaru

riauterbit.com

Cikal bakal berdirinya UIN Susqa yaitu singkatan dari Sultan Syarif Qasim adalah mulanya berasal dari beberapa fakultas dari perguruan tinggi agama Islam yang kemudian berganti status menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Fakultas-fakultas tersebut adalah fakultas Tarbiyah Universitas Islam Riau Pekanbaru, Fakultas Syariah Universitas Islam Riau di Tembilahan dan Fakultas Ushuluddin Mesjid Agung An-Nur Pekanbaru.

Kemudian, dengan persetujuan dari pemerintah setempat, universitas ini diberi nama Sulthan Syarif Qasim, yang merupakan nama Sultan dari Kerajaan Siak Sri Indrapura ke-12 (terakhir) yang juga pahlawan nasional asal Riau.

Pemilihan nama beliau adalah untuk mengenang jasa-jasa beliau terhadap negeri, salah satunya di bidang pendidikan.

IAIN Susqa didirikan pada tanggal 19 September 1970, dan kemudian pada tanggal 9 Februari 2005 berganti nama menjadi UIN Sulthan Syarif Qasim dan diresmikan oleh Presiden Indonesia keenam yaitu Bapak Dr.H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada saat awal didirikan, UIN Susqa hanya memiliki 3 fakultas, namun sekarang semakin berkembang dan sudah memiliki 9 Fakultas.

Terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Syariah dan Hukum, Ushuluddin, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi, Psikologi, Ekonomi dan Ilmu Sosial, Pertanian dan Peternakan, dan Pascasarjana. UIN Susqa ini juga telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT Indonesia.


Universitas Islam Swasta juga memiliki kualitas yang bagus di bidang pendidikan, bahkan terkadang terdapat beberapa program studi unggulan pada setiap universitas tertentu. Berikut ini adalah universitas islam swasta terbaik yang ada di Indonesia.

4. UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta

kognisia.co

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah Perguruan Tinggi Nasional pertama di Indonesia. Didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang berlokasi di Jakarta. Namun, pada tanggal 10 April 1946 Sekolah Tinggi Islam ini baru resmi dibuka dan berlokasi di Provinsi Yogyakarta.

Kemudian 1 tahun berselang tepatnya pada tanggal 14 Desember 1947, panitia STI sepakat untuk menetapkan STI menjadi sebuah Universitas Islam Indonesia yang berlokasi di Yogyakarta dan memiliki beberapa fakultas.

Diantaranya adalah Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan dan Fakultas Ekonomi. Namun, pada tahun 1950, Fakultas Agama UII berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Islam Negeri yang kemudian menjadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dan untuk menggantikan Fakultas Agama tersebut, pada tahun 1961 UII kembali membuka Fakultas Agama yang kemudian berganti nama menjadi Fakultas Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah UII.

Menurut data terakhir pada tahun 2002, kini UII telah memiliki delapan fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Agama Islam, Psikologi (Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya), Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi Industri, Kedokteran dan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Selain mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, UII juga meraih penghargaan bintang dari QS Star dengan skor tertinggi untuk perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

5. Universitas Muhammadiyah (UM) Malang

umm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) atau yang lebih dikenal dengan UMM adalah salah satu universitas Islam yang terkenal akan diversity nya.

Meskipun UMM merupakan universitas berbasis Agama Islam, namun mahasiswa UMM juga memiliki latar belakang agama yang beragam dan civitas akademika UMM juga tidak pernah membeda-bedakan hal tersebut.

Berlokasi di Malang yang memiliki suhu sejuk membuat universitas ini menjadi tempat yang cocok untuk menimba ilmu. UMM didirikan pada tahun 1964 dan dibawah persyarikatan organisasi Muhammadiyah.

Saat ini UMM telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. UMM memiliki slogan “ Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa” ini memiliki 10 fakultas dan 56 Program Studi.

Fakultas-fakultas tersebut adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Agama Islam, Hukum, Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Politik, Kedokteran, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian dan Peternakan, Psikologi dan Teknik.


Itulah beberapa universitas islam terbaik yang ada di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam memilih universitas mana yang sesuai dengan minat kamu ya.

Keyword: Universitas Islam Terbaik Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*