Arti Allahu Yahdik | Ungkapan Terbaik untuk Menutup Sebuah Percakapan

nu.or.id

Arti Allahu Yahdik – Apakah kamu sering mendengar kalimatnya? Tahukah kamu apa arti dari istilah Arab yang sering kali muslim Indonesia katakan ini? Nah, Kali ini kita akan membahas makna yang terkandung di dalam ucapan ini.

Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk mendoakan orang lain, sementara kita sendiri pun punya keinginan memohon agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Contoh sederhananya, sejak kecil kita diajarkan mendoakan banyak orang dengan mengganti kata “Rabbighfirlii” bermakna tunggal menjadi “Rabbanaghfirlanaa” bermakna Jamak. Hal ini sebagaimana dalam hadits riwayat Imam Muslim berikut:

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: وَلَكَ بِمِثْلٍ

Artinya: “Tidak ada seorang hamba Muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat ‘Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu.” (HR Muslim: 4094).

Berdasarkan hadits di atas, semakin banyak kita mendoakan orang lain, semakin banyak pula malaikat mendoakan kita. Jadi, itulah alasannya sejak kecil kita diajarkan untuk mendoakan orang lain. Bayangkan, jika sebanyak umat muslim di dunia kita doakan, berapa banyak malaikat yang mendoakan kita pula?

Lantas, mengapa harus tanpa sepengetahuan orang yang didoakan? Rahasianya adalah karena orang yang mendoakan secara diam-diam tentu lebih ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun dari orang yang didoakan.


Penjelasan Arti Allahu Yahdik


Arti Allahu Yahdik
islampos.com

Saling mendoakan merupakan salah satu bentuk rasa cinta seorang muslim kepada muslim lainnya. Salah satu istilah Arab yang sering dipakai untuk mendoakan orang lain adalah ucapan dalam bahasa arab yang berbunyi Allahu Yahdik (اللَهُ يَهْدِك).

Lafadz Allahu Yahdik terdiri dari dua kata, yang pertama adalah Allahu yang artinya “Allah” dan “Yahdik” yang artinya “membalas dengan kebaikan” atau “memberi petunjuk kebaikan”. Arti Allahu Yahdik (اللَهُ يَهْدِك) adalah “semoga Allah SWT memberimu petunjuk kebaikan”.

Ucapan ini biasanya digunakan untuk menjawab kalimat “jazakallah” yang diucapkan oleh lawan bicara. Ini merupakan kalimat yang baik untuk diucapkan karena ditujukan untuk mendoakan kebaikan orang lain.

Selain untuk merespon ucapan “Jazakallah”, lafadz Allahu Yahdik ini juga bisa diucapkan saat berpisah dengan teman sesama muslim sebelum mengucapkan salam.

Misalnya, setelah berbincang-bincang singkat selepas mengikuti kajian, saat hendak pamit kita mengucapkan Allahu Yahdik kemudian disusul dengan ucapan salam.

Ungkapan ini sudah seharusnya kita biasakan dalam keseharian. Karena sejatinya setiap ungkapan di dalam bahasa Arab mengandung doa dan harapan bagi lawan bicara. Sejatinya agama Islam senantiasa mengajarkan kita kebaikan, sederhananya berbuat baik lewat ucapan kepada sesama.

Bukan hal yang sulit bukan untuk mendapatkan pahala kebaikan, cukup lewat ucapan ringan saja.

Kosakata Bahasa Arab Lainnya

Selain ungkapan Allahu Yahdik masih banyak lagi ucapan dalam bahasa arab yang mengandung doa kebaikan yang biasa digunakan sehari-hari, berikut ini di antaranya:

1. “Jazakumullah khayiran”, artinya “semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan”.
2. “Rahimakumullah”, artinya “semoga Allah merahmati kalian”.
3. “Hafizhanallah”, artinya “semoga Allah menjaga kita”.
4. “Barakallah fikum”, artinya “semoga Allah memberi kalian berkah”.
5. “Wa Iyyaka“, artinya “semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan”.
6. “Ittaqilaah haitsumma kunta”, artinya “bertakwalah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada”.
7. “Syafakallah”, artinya “semoga Allah menyembuhkanmu”.
8. “Ma’assalamah”, artinya “semoga dalam keselamatan”.
9. “Sahhalallah lanal khaira haitsumma kunna”, artinya “semoga Allah mudahkan kita dalam kebaikan di manapun berada”.
10. “Zadanallah ilman wa hirsha”, artinya “semoga Allah menambah kita ilmu dan semangat”.

Itu dia istilah-istilah Arab yang sering kali diucapkan oleh kalangan muslim di Indonesia. Demikian pembahasan mengenai ucapan Allahu Yahdik beserta maknanya kali ini.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan teman-teman semua. Share atau bagikan artikel ini ke sosial mediamu, agar tidak hanya kamu yang membaca artikel kebaikan ini. Salam hangat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*