Arti Mabruk Alfa Mabruk

Arti Mabruk Alfa Mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) dan Maknanya

Arti Mabruk Alfa Mabruk – Kali ini kita akan membahas kembali tentang ucapan ulang tahun islami namun dalam versi berbeda.

Selain kalimat “Barakallah fi umrik” kalimat apalagi yang sering digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab?

Ya salah satunya adalah “Mabruk alfa Mabruk”, kalimat lainnya yang sering digunakan oleh umat muslim untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Sama dengan “Barakallah fi umrik”, “mabruk alfa mabruk” juga merupakan ucapan sekaligus doa bagi yang sedang berulang tahun.

Ulang tahun menjadi salah satu momen spesial yang ditunggu-tunggu oleh beberapa orang. Ada beberapa orang yang selalu merayakan ulang tahun maupun anniversary mereka walaupun dengan cara yang sederhana.

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk merayakan hari ulang tahun, mulai dari cara yang mewah, merayakan bersama keluarga dan teman-teman di sebuah restaurant, saling memberikan hadiah atau merayakan dengan cara yang sangat sederhana yaitu hanya dengan memberikan ucapan.

Nah terkait ucapan mabruk alfa mabruk ini, kira-kira apa sih artinya? Yuk kita bahas lebih lanjut!


Penjelasan Arti Mabruk Alfa Mabruk


umroh.com

Secara etimologi mabruk (مَبْرُوْكْ) berarti “berkah” dan alfa berarti “beribu”, jika digabungkan mabruk alfa mabruk berarti “berkah beribu berkah” atau “semoga diberkahi dengan ribuan berkah”.

Secara terminologi arti “mabruk alfa mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ)” digunakan untuk ucapan selamat hari lahir.

Artinya selamat hari lahir (ulang tahun), semoga mendapat rahmat dan beribu berkah.

Ucapan ini juga dipopulerkan oleh Habib Rizieq lewat sholawat ciptaannya berjudul Sholawat Mabruuk Alfa Mabruuk.

Tidak seperti ucapan selamat ulang tahun pada umumnya yang hanya berisi kata-kata selamat saja. Ucapan ulang tahun Islami selalu diiringi doa yang mendalam dan barokah.

Jika selama ini kita terbiasa memberi ucapan ulang tahun dengan kata-kata “Happy birthday to you”, maka sebagai orang muslim mulailah belajar mengubah ucapan tersebut ke dalam nuansa yang lebih Islami.

Selain “mabruk alfa mabru”, “barakallah fi umrik”, sesingkat-singkatnya setidaknya kita bisa mengucapkan selamat milad. Hal ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita terkait kosa kata bahasa Arab.

Dalam Islam momen bertambahnya usia dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk muhasabah diri.

Mengevaluasi jatah sisa hidup di dunia ini, apakah usia yang telah lalu sudah benar kita isi dengan kebaikan atau justru malah menumpuk dosa menjadi gunung.

Setidaknya dengan muhasabah, kita bisa berkaca untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi di usia selanjutnya.

Semoga yang sedang membaca artikel ini dan kebetulan saat ini sedang berulang tahun makin barokah sisa umurnya, Mabruk alfa mabruk alaika mabruuk!


Perayaan Ulang Tahun dalam Islam


Sepertinya semuanya pernah melakukannya walaupun hanya dengan hal yang sederhana.

Salah satu hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan dalam ucapan selamat ulang tahun adalah iringan doa.

Meskipun memberikan ucapan terlihat sederhana namun dibalik ucapan yang sederhana tersebut dapat memberikan arti yang sangat mendalam.

Seperti beberapa ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab di atas yang sering dituliskan oleh sahabat-sahabat muslim.

Di dalam Islam merayakan ulang tahun dikemas dalam acara syukuran, misalnya menggelar doa dan makan bersama bersama ratusan anak yatim atau panti asuhan.

Usahakan setiap ucapan mengandung harapan-harapan baik bagi yang sedang berulang tahun. Ucapan-ucapan tersebut nantinya akan kembali kepada yang mendoakan.

Begitulah faedah dan keutamaan saling mendoakan sesama muslim di dalam agama Islam.


Meskipun ucapan “mabruk alfa mabruk” dan lain sebagainya terkesan singkat, namun percayalah diiringi oleh niat yang tulus karena Allah SWT, Insya Allah doa singkat tersebut menjanjikan barokah yang luas.

Demikian beberapa penjelasan kami mengenai Penjelasan Arti “Mabruk Alfa Mabruk” Secara Etimologi dan Terminologi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment