Doa – Doa Mustajab untuk Mendatangkan Rejeki (AMPUH)

Manusia lahir dan hidup dengan kebutuhan yang bermacam-macam. Kebutuhan tersebut menuntut rejeki yang harus dibelanjakan.

Ada seseorang yang dengan income bulanan terbilang sedikit tetapi cukup untuk meng-cover semua kebutuhan keluarga, dan ada pula yang rejekinya banyak tetapi masih harus berhutang sana-sini.

Banyak dan sedikitnya rejeki yang diterima setiap orang saban hari tergantung pada usaha yang dilakukan dan juga takdir Allah untuk memberikan atau tidak memberikan cobaan.

Cobaan dalam bentuk keinginan bermewah-mewahan dan juga musibah kecelakaan inilah yang terkadang menuntut manusia untuk membelanjakan rejekinya dalam kuantitas yang lebih besar.

Nah, jika rejeki tersebut tidak cukup pastilah hal pertama yang harus dilakukan adalah usaha, Usaha mencakup bekerja sehari-hari dan juga ikhtiar untuk me-manage keuangan sebaik-baiknya.

Selain itu, manusia tidak boleh melupakan kekuatan hubungan vertikal antara manusia dan Tuhannya dengan terus beribadah dan berdoa.


Doa-Doa Mustajab untuk Mendatangkan Rejeki


Dalam hal mendatangkan rejeki, doa yang mustajab berikut ini bisa Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Doa Mendatangkan Rejeki (1)

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

“Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii”.

Artinya : “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

2. Doa Mendatangkan Rejeki (2)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa”.

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)”.

3. Doa agar dilancarkan rezeki

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.”

4. Doa mendatangkan rezeki yang tak terduga dan terus bertambah

اَللَّهُمَّ زِدْنَا وَلاَ تَنْقُصْنَا وَأَكْرِمْنَا وَلاَ تُوْهِنَا وَأَعْطِنَا وَلاَ تَحْرِمْنَا وَاٰثِرْنَا وَلاَ تُؤْثِرْ عَلَيْنَا وَأَرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Alloohumma zidnaa wa laa tanqushnaa wa akrimnaa wa laa tuuhinaa wa a’athinaa wa laa tahrimnaa wa aatsirnaa wa laa tu’tsir ‘alainaa wa ardhinaa wardhoo ‘annaa.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah rezeki kepada kami, jangan Engkau kurangi. Muliakanlah kami dan jangan Engkau hinakan kami. Berilah kami dan jangan Engkau halangi kami. Pilihlah kami dan jangan Engkau tinggalkan kami, dan janganlah Engkau cegah kami.”

5. Doa agar diberikan rezeki yang halal

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

6. Doa pembuka rezeki yang penuh berkah

اَللّٰهًمَّ اَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيْ وَوَسِّعْ لِيْ فِيْ دَارِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْ رِزْقِيْ

Alloohumma ashlihli lii diinii wa wassi’lii daarii wa baarik lii fii rizqii.

Artinya: “Ya Allah perbaikilah agamaku (yang menjadi pokok urusanku) lapangkanlah tempat tinggalku, dan berikanlah keberkahan pada rezekiku.”

7. Doa mendatangkan rezeki tak terduga supaya berkecukupan

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummakfini bihalalika ‘an haramik wa aghnini bifadhlika amman siwak.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

8. Doa memohon rezeki berlimpah

رَبَّنَا اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا ِلاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ

Robbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan li awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqnaa wa anta khoirur rooziqiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkahlah kepada kami suatu hidangan dari langit (yang haru turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki, dan Engkau pemberi rezeki yang paling utama.”

9. Doa Setelah menjalankan Salat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’auka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu DhuhaMu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu” “Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh

10. Membaca Surat al-Waqi’ah

Dalam Islam tidak ada yang bisa menandingi keistimewaan Al-Qur’an.

Salah satu surat yang disebut-sebut mujarab dalam mendatangkan rejeki adalah surat Al-Waqi’ah.

Bahkan surat al-Waqi’ah juga disebut surat kekayaan.

Saat membaca surat ini dan sampai pada potongan ayat yang berbunyi “Wa Faakihatin Katsirotin” disarankan untuk membaca doa “Allahumma ijma’ bainii wa bainal amwaalil katsiir” sebanyak 7x.

Pendapat ulama berbeda-beda terkait waktu dan juga banyaknya bacaan surat al-Waqi’ah yang harus dibaca.

Sebagian berpendapat surat ini sangat ampuh jika dibaca sebanyak 41x dalam tempo sekali duduk, ada yang berpendapat agar dibaca 14x setelah sholat ashar dan juga 3x selepas sholat fardhu, sholat malam dan juga sholat dhuha.

Anda bisa mengamalkan sesuai situasi dan kondisi agar rejeki yang Anda dapatkan berkah, tidak terlilit hutang dan juga lekas terbayar semua hutang-hutang Anda.

11. Membaca wirid “Ya Fattah Ya Rozaq” dan “Ya Ghoniyyu Ya Mughni”

Image Source: mjatv.com

Kedua wirid yang bersumber dari asmaul husna ini sangat ampuh untuk menarik rejeki berlimpah dan dari cara yang halal.

Cara pengamalannya adalah dengan dibaca sebanyak 111 kali, 99 kali, 66 kali, dan juga 33 kali setiap hari sesuai dengan situasi dan kondisi.

Bahkan, ada yang menyarankan agar dibaca sebanyak masing-masing 1000x setiap hari.

Banyak orang yang membuktikan khasiat “Ya Fattah Ya Rozaq” dan juga “Ya Ghoniyyu Ya Mughni” tanpa harus mendatangi pesugihan.

Khasiat asmaul Husna “Ya Fattah” adalah:

  • Segera menemukan jodoh yang tepat bagi yang belum berjodoh.
  • Bagi orang tua yang belum dikaruniai buah hati, “Ya Fattah” adalah wirid yang tepat untuk memohon kepada Allah agar segera dikaruniai momongan.
  • Bagi yang masih mengganggur akan segera bertemu dengan pekerjaan yang cocok.
  • Bagi yang banyak dosa akan dibukakan pintu maaf dan pintu taubat untuknya.
  • Bagi yang sedang banyak masalah, akan segera didatangkan jalan keluar untuknya
  • Bagi yang sedang sakit akan segera mendapatkan kesembuhan.

Khasiat “Ya Rozaq” adalah:

  • Memudahkan rezeki yang seret, mandek dan juga bisnis yang sedang terganggu.
  • Bagi pasangan suami istri akan dijadikan pada mereka berdua bahtera rumah tangga yang sakinah, mawaddah warohmah.
  • Memiliki anak yang sholeh, taat dan tidak bandel.
  • Bagi yang ingin naik haji atau umroh bisa mewiridkan ini.
  • Bagi yang sedang bermasalah dengan biaya pendidikan anak, dan biaya-biaya lain dalam jumlah besar bisa mengamalkan wirid ini agar dimudahkan untuk mendapatkannya segera.

Catatan:

  • Kedua doa tersebut (Membaca Surat al-Waqi’ah dan Membaca wirid “Ya Fattah Ya Rozaq” & “Ya Ghoniyyu Ya Mughni”) baik untuk diamalkan dimana saja dan kapan saja tidak hanya setelah sholat fardlu selama kondisi tempat dimana Anda berpijak adalah suci.
  • Lakukan wirid dengan kemantapan hati dan keyakinan bahwa Allah sedang melihat dan mendengarkan apa yang Anda keluhkan. Doa yang Anda panjatkan adalah bentuk bahwa Anda manusia lemah dan hanya atas kuasa Allah-lah apa yang telah, sedang, dan akan terjadi pada diri Anda.
  • Lakukan secara rutin meskipun tidak dalam jumlah banyak.
  • Selalu bersyukur, banyak bersholawat, berbuat baik kepada kedua orang tua dan juga sesama.
  • Hindari perbuatan maksiat yang bisa menutup pintu rejeki Anda sekeluarga.
  • Sisihkan sediikit pendapatan Anda untuk sedekah.

Demikian penjelasan kami mengenai Doa-Doa Mustajab untuk Mendatangkan Rejeki. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment