Doa Keluar Masjid Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

√ Doa Keluar Masjid Lengkap Arab, Latin dan Terjemahnya
gezimanya.com

Keluar masjid hendaklah kita membaca doa. Sudah seharusnya sebagai seorang muslim setiap akan melakukan atau menyudahi aktivitas untuk berdoa. Termasuk salah satunya saat akan keluar dari masjid.

Masjid adalah tempat yang penuh barokah karena disanalah umat Islam beribadah kepada Allah. Tempat yang suci dan sakral seperti masjid haruslah kita hormati. Cara menghormatinya tentu dengan menjaga kebersihan dan kelayakannya.

Selain menjaga kebersihan dan kelayakannya, penggunaan masjid juga tidak boleh disalahgunakan. Cukuplah masjid menjadi tempat beribadah, menimba ilmu, dan bermusyawarah.

Perlu diingat bahwa setiap hal yang kita lakukan terutama didalam majid adalah untuk mencari ridha Allah.

Mengakhiri atau pulang dari tempat yang baik, seperti masjid jangan lupa untuk membaca doa. Jika keluar kamar mandi kita berdoa agar tidak ada setan yang ikut keluar bersama kita.

Lain halnya dengan keluar dari masjid dimana kita berdoa agar setelah sepulangnya dari masjid tetap mendapat barokah.


Doa Keluar Masjid


Berikut ini doa keluar masjid yang bisa dihafal dan diamalkan. Doa dibawah ini tidak hanya untuk dibaca ketika keluar dari masjid saja, tapi juga keluar dari mushola, langgar, atau surau.

Membaca Basmalah

بسم الله الرحمن الرحيم

“Bismillaahir rahmaanir rahiim”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Allah Subhaanahu wa Ta’ala mengajarkan kepada para NabiNya termasuk Rasulullah untuk menyebul asmaNya sebelum melakukan sesuatu. Hal ini terdapat penjelasannya didalam tafsir Ath Thabary.

Itulah mengapa di dalam Al Quran hampir disetiap awal surah dianjurkan membaca basmalah kecuali surah At Taubah.

Melafadzkan asma Allah yang husna sebelum melakukan sesuatu tentu akan mendapat barokah dari Allah SWT.

Bismillah adalah bentuk mufrad mudhaf, jadi lafadz jalalah Allah dalah kata bismillah mencakup seluruh asma Allah.

Lafadz Doa Keluar Masjid

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allahumma innii as-aluka min fadhlik”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas segala keutamaan dari-Mu.

Doa diatas terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam muslim, Abu Daud, an- Nasa’i, dan Ibnu Majah.

Hadits Tentang Doa Keluar Masuk Masjid

Terdapat hadit yang menganjurkan kita untuk membaca doa saat akan masuk dan keluar masjid, seperti yang terdapat dalam hadits Abu Sa’id ra berikut ini:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Idzaa dakhala ahadukumul masjida falyaqulillahummaf tahlii abwaaba rahmatik. Wa idzaa khharaja falyaqulillahumma innii as-aluka min fadhlik.”

Jika salah seorang diantara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah “Allahummaftahlii abwaaba rahmatik (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmatMu).” Jika keluar dari masjid ucapkanlah “Allahumma innii as-aluka min fadhlik (Ya Allah, aku memohon kepadaMu diantara karuniaMu).”

Sebagaimana doa memasuki masjid, berdoa sebelum melangkahkan kaki keluar dari masjid merupakan salah satu cara memuliakan masjid. Sama halnya dengan masuk masjid, keluar masjid pun hendaknya mendahulukan kaki kanan.

Tidak hanya itu jika didalam masjid ada adab-adab yang perlu kita perhatikan maka saat keluarpun juga sama. Saat keluar hendaklah kita membaca basmalah dan doa keluar masjid. Langkahkan kaki kanan dan dahulukan pula kaki kanan saat akan memakai alas kaki.

Jangan mendzalimi orang lain dengan menukar atau bahkan mengambil alas kaki yang bukan miliknya. Hendaklah menjalin silaturahmi dengan sesama muslim melalui tegur sapa.

Itu tadi bacaan doa keluar masjid beserta hadits shahihnya. Dengan lafadz latin dan terjemahannya semoga dapat membantu agar mudah dihafal.

Semoga doa tersebut bermanfaat bagi kita yang membaca doa diatas pada saat sebelum keluar masjid.

Keyword: Doa Keluar Masjid

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*