Bacaan Doa Ketika Hujan Beserta Manfaat Turunnya Hujan

√ Bacaan Doa Ketika Hujan Beserta Manfaat Turunnya Hujan
islamidia.com

Hujan merupakan sebuah kejadian alam yang umumnya ditemui di negara-negara beriklim tropis. Meskipun sesekali tetap dialami mereka yang berada di negara dengan empat musim.

Di Islam memanjatkan doa ketika hujan dipercaya adalah salah satu waktu yang mustajab.

Meskipun sering kali turunnya hujan dipandang dilematis bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, di sisi lain sering kali hujan menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu.

Ketika musim kemarau sedang terjadi, sampai menyebabkan kekeringan, kekurangan air, sehinga menghambat perkembangan pertanian.

Namun begitu juga hujan disambut dengan penuh kewaspadaan karena mengundang terjadinya banjir, ataupun bencana alam lainnya.

Ini menjadikan seakan-akan hujan merupakan sebuah fenomena yang memiliki dua sisi sekalikus sebagai keberkahan maupun sisi negatif.

Tetapi sejatinya, hujan menjadi salah satu hal yang penting bagi kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi.

Islam memandang hujan sebagai salah satu rahmat dan berkah yang Allah SWT berikan kepada makhluk-Nya seperti yang sudah tertuang dalam QS. Qaaf (50:9).

Artinya : Dan kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya, lalu kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam (Qaaf: 9).

Manfaat Turunnya Hujan


rumaysho.com

Hujan merupakan suatu cara Allah SWT dalam memenuhi kebutuhan semua makhluk-Nya.

Dampak nyata yang bisa kita lihat adalah, dengan Allah SWT menurunkan hujan di bumi adalah untuk menyuburkan tanah begitu juga tanaman-tanaman yang tumbuh di atasnya.

Serta mencukupi kebutuhan air bagi hewan maupun manusia.

Untuk itu, secara tujuan awalnya Allah menurunkan hujan sehingga disebut sebagai rahmat dan juga berkah karena tentu saja lebih banyak melahirkan kebaikan atau manfaat, dibandingkan keburukan atau mudharatnya.

Allah SWT menciptakan dunia dengan penuh keseimbangan, maka dari itu bisa diambil hikmah bahwa dunia dan seisinya telah dicipatakan secara seimbang.

Oleh sebab itu, jika memang ketika hujan menimbulkan bencana alam dapat dipastikan bahwa itu ada hasil dari perbuatan kerusakan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.


Doa Ketika Hujan


Hujan juga menjadi cara Allah untuk menunjukkan kebesaran-Nya. Sehingga, hal tersebut harus membuat manusia berpikir dan memahami untuk dapat menysukurinya.

Bentuk rasa syukur yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan berdoa ketika hujan turun.

Berikut ini bacaan doa ketika hujan:

Image Source: twitter.com

Rasulullah SAW sangat gembira ketika turun hujan, sehingga beliau mengambil berkah dari hujan tersebut.

Dalam doa ketika hujan ini berisi bahwa kita meminta kepada Allah SWT agar diberikan hujan yang membawa kebaikan atau manfaat, yakni hujan yang membawakan keberkahan bagi kehidupan serta kegembiraan bagi seluruh makhluk di bumi.

Secara tersirat, doa ketika hujan ini membawa pesan bahwa sudah sepantasnya kita menjaga alam. Sehingga ketika hujan turun, benar-benar mewujudkan rahmat dan keberkahannya bagi kita, bukannya bencana.

Selain membaca doa ketika hujan, kita juga dianjurkan untuk berdoa dengan doa-doa kebaikan lainnya sesuai yang kita inginkan.

Karena berdoa ketika hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk dikabulkannya suatu doa.

Image Source: sebentarsaja.com

Rasulullah bersabda untuk kita mencari do’a yang mustajab pada tiga keadaan, yaitu saat bertemunya dua pasukan (tentara yang sedang berperang), waktu menjelang sholat, serta saat hujan turun.

Ketika hujan turun dengan begitu derasnya, banyak orang yang mengeluhkan kedatangannya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas. Jika hujan turun dengan intensitas yang berlebihan dikhawatirkan akan mengundang terjadinya bencana.

Bahkan terkadang banyak yang mengeluh dengan nada kemarahan dan cacian, dimana sesungguhnya hal tersebut tidaklah pantas untuk diungkapkan dan justru mengundang kemurkaan Allah SWT.

Maka ketika hujan turun sangat deras, lebih baik kita memanjatkan doa. Dengan memohon kebaikan dan meminta perlindungan dari kemudharatan.

Keyword: Bacaan Doa Ketika Hujan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*