Doa Masuk Kamar Mandi | Membentengi Diri dari Godaan Syaithan

√ Doa Masuk Kamar Mandi | Membentengi Diri dari Godaan Syaithan
masterbama.blogspot.com

Dalam kehidupan ini, setiap perbuatan atau tindakan yang kita lakukan hendaknya diiringi dengan niat dan doa, agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari hal-hal buruk yang akan menimpa kita. Bahkan termasuk di dalamnya membaca doa ketika masuk kamar mandi sekalipun.

Karena pada dasarnya Islam sendiri sudah mengatur segala sesuatu agar selalu diawali dengan doa agar mendapatkan keberkahan dan tidak akan terpisahkan dalam aspek kehidupan setiap muslim. Namun sayangnya, seringkali amalan-amalan ringan seperti ini justru dilupakan.

Bahwasanya sudah kita ketahui bersama jika setan dan jin selalu berada di sekitar kita, oleh karena itu salah satu cara untuk membentengi diri dari mereka adalah dengan membaca doa.


Doa Masuk Kamar Mandi


everydayhealth.com

Mulai dari kita bangun tidur, menjalankan segala aktivitas, sampai dengan waktunya kita terlelap kembali hendaknya diawali dan diakhiri dengan berdoa.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk selalu melibatkan Allah dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

Tidak terkecuali meskipun saat kita hendak masuk ke kamar mandi untuk membersihkan diri.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, kamar mandi merupakan tempat ‘kotor’ karena merupakan tempat kita untuk membuang atau membersihkan kotoran, tempat berbagai kuman hidup, serta sarang penyakit.

Sehingga merupakan salah satu tempat favorit bagi jin dan setan.

Meskipun dalam pandangan mata kita sudah dalam keadaan bersih. Oleh karena itu sebelum kita menggunakan kamar mandi sangat baik untuk kita membaca doa masuk kamar mandi, berikut ini:

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Bahasa Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi Latin

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran”

Ketika kita hendak mandi ataupun membuang air, pastinya kita akan memperlihatkan aurat. Maka dari itu, salah satu manfaat dari doa selain untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, juga agar aurat kita tidak terlihat oleh jin dan setan di dalam sana.


Adab-Adab Ketika Berada di Kamar Mandi


idaroh.com

Doa masuk kamar mandi juga termasuk dalam salah satu adab yang harus dipenuhi seorang mukmin. Selain itu, berikut ini adab-adab yang harus dilakukan ketika berada di kamar mandi:

1. Mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi

Rasulullah SAW selalu memulai segala sesuatu dengan kanan, namun pada saat masuk kamar mandi dianjurkan untuk mendahulukan kaki kiri.

2. Menggunakan alas kaki atau penutup kepala

Ketika berada di kamar mandi sangat dianjurkan untuk menggunakan alas kaki. Sebab dikhawatirkan terdapat sisa atau cipratan air kencing dan jika menempel dalam anggota tubuh kita lalu dibawa keluar, artinya kita dalam keadaan terpapar najis.

Sehingga menggunakan alas kaki cukup membantu menghindarkan kita dari najis. Begitu pula dengan penutup kepala, terutama bagi wanita yang memiliki rambut panjang.

3. Tidak berbicara

Sebaiknya ketika berada di kamar mandi kita tidak berbicara karena Allah murka akan hal tersebut.

4. Dilarang membaca atau menyabut lafadz Allah SWT dan Rasulullah SAW

youtube.com

Di tempat yang ‘kotor’ dan terpapar banyak najis sangat dilarang untuk mengucapkan kalimat-kalimat suci Allah SWT. Sekalipun kita perlu menjawab salam, tetap tidak boleh dilakukan.

Bisa diberikan isyarat lain jika kita sedang berada di dalam kamar mandi selain dengan hal tersebut.

5. Dilarang membelakangi atau menghadap kiblat

Dalam HR. Bukhari dan Muslim dibahas bahwa kita mendatangai tempat buang air, dilarang untuk membelakangi atau menghadap kiblat.

6. Mendahulukan kaki kanan ketika keluar dan membaca doa keluar kamar mandi

Setelah mengetahui adab-adab ketika berada di dalam kamar mandi, termasuk dengan do’a masuk kamar mandi, sudah sepatutnya kita mulai membiasakan diri dengan mengamalkannya.

Begitu juga bisa dijadikan teladan bagi anak-anak maupun adik-adik kita, tentunya sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Keyword: Doa Masuk Kamar Mandi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*