√ 4 Doa Mendapatkan Jodoh Terbaik Dunia dan Akhirat Menurut Islam

4 Doa Mendapatkan Jodoh Dunia Akhirat Menurut Islam

Diantara tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah adalah dia menciptakan dari sejenismu pasangan-pasangan agar kamu masing-masing memperoleh ketentraman dari pasangan-nya dan dijadikan-nya diantara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya yg demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berfikir”. (QS Ar-Rum ayat  30:21)

Dari ayat tersebut, Allah sudah menciptakan makhluk hidup itu secara berpasang-pasangan, antara laki-laki dengan wanita.

Jadi sebenarnya kita semua sudah memiliki jodohnya masing-masing, jika belum, berarti Allah masih belum waktunya mempertemukan kita dengannya.

Akan tetapi, masih banyak yang mempertanyakan siapa sebenarnya jodoh yang sudah ditetapkan oleh Allah untuk kita.

Bahkan karena mereka merasa belum bertemu dengan jodohnya, akhirnya putus asa dan tidak percaya diri.


Pengertian Jodoh


Apa sih definisi jodoh?

Jodoh menurut bahasa berarti pasangan yang sesuai di antara keduanya.

Sementara menurut istilah, jodoh adalah pasangan yang saling membutuhkan atau pasangan yang saling menerima dan memberi.

Sedangkan pengertian jodoh dalam agama Islam berarti pasangan (pria atau wanita) yang telah ditetapkan atau juga disahkan dalam ikatan sebuah pernikahan yang jika sudah sah disebut pasangan suami istri.

Jodoh adalah salah satu rahasia Allah SWT dan tidak ada satu orang pun yang tahu akan jodoh dirinya sendiri ataupun jodoh orang lain.

Maka, sebagai hamba-Nya, kita hanya bisa berusaha dan berdoa agar cepat mendapatkan jodoh sesuai yang di inginkan.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang mencari jodoh yang baik atau merasa jodoh belum datang juga, maka anda tidak boleh berputus asa.

Selain diperintahkan untuk berusaha, kita juga diperintahkan untuk berdoa atau bermunajat kepada Allah agar cepat mendapatkan jodoh atau dipertemukan dengan jodoh kita.

Karena, berusaha tanpa doa belumlah cukup, begitu juga sebaliknya.


Doa Agar Segera Mendapatkan Jodoh


Sebelum berdoa, alangkah baiknya terlebih dahulu berdzikir kepada Allah, karena salah satu cara doa kita cepat dikabul yakni dengan mengaggungkan dan memuji nama Allah.

Kemudian dilanjutkan dengan bersholawat kepada Rasulullah.

#Doa Untuk Pria yang Ingin Segera Mendapat Jodoh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

#Doa Untuk Wanita yang Ingin Segera Mendapat Jodoh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban  wayakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.

Doa ingin segera mendapatkan jodoh diatas, dibaca setelah selesai melaksanakan sholat, baik fardhu maupun sunah.

Selain doa diatas, bisa juga mengamalkan doa berikut ini agar segera mendapatkan jodoh:

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Robbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waaritsin.

Artinya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik”.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (isteri-isteri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa. (QS Al-Furqaan 74)

Namun jika saat ini anda dihadapkan dengan sebuah keadaan, dimana anda harus memilih jodoh anda yang paling baik.

Kami sarankan anda untuk mengerjakan shalat istikharah, karena tujuan mengerjakan shalat sunnah ini untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT agar diberi pilihan jodoh yang terbaik.

Sebenarnya manfaat dari shalat istikharah ini bukan hanya untuk meminta petunjuk mengenai jodoh saja, sebenarnya apa pun rasa gelisah atau bingung yang anda sedang alami namun anda tidak mampu memutuskan sendiri.

Maka cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengerjakan shalat istikharah secara rutin sampai Allah memberikan petunjuk.


Persiapan dan Amalan Agar Cepat dapat Jodoh


Ada banyak sekali amalan agar cepat dapat jodoh menurut Islam, salah satunya yaitu memperbanyak doa.

Bagi mereka yang belum menikah masa pencarian jodoh merupakan permasalahan hidup tersendiri yang harus diselesaikan dengan segera, khususnya yang sudah berusia 25 hingga 30 ke atas.

Terdapat tiga cara Allah dalam mempertemukan hambanya dengan jodohnya. Pertama, yakni dipertemukan dengan segera.

Kedua, dipertemukan dengan waktu penantian yang sangat lama. Ketiga, yakni tidak memperoleh jodoh di dunia, melainkan di akhirat kelak.

Terlepas dari ketiga cara tersebut, sejatinya Allah telah memberikan cara yang terbaik untuk hamba-hamba Nya. Namun, itu bukan berarti kita tidak boleh berusaha untuk memperoleh jodoh sesegera mungkin.

Persiapan yang matang merupakan syarat penting dalam menyambut jodoh. Karena menikah bukan hanya soal siapa cepat, tapi siapa yang paling baik persiapannya sebelum jodoh itu datang.

Berikut ini ada beberapa persiapan dan amalan agar cepat dapat jodoh menurut Islam sesuai dengan syar’i.

1. Kesiapan Mental dan Materi

Persiapan merupakan poin penting sebelum melangkah ke amalan cara cepat mencari jodoh.

Jika sekedar persiapan materi dan harta saja, maka bisa jadi pernikahan tidak akan berjalan dengan baik.

Persiapan mental yakni mendalami ilmu seputar pernikahan dalam sangatlah diperlukan. Memang materi merupakan persiapan penting, tapi bukan yang utama.

Oleh karena itu, berusahalah memantaskan diri agar mendapat jodoh terbaik.

Perbanyak mempelajari fiqih wanita dan ilmu-ilmu keislaman lainnya. Jangan hanya sekedar tahu, tapi juga pahami secara mendetail.

Sehingga keluarga yang Anda bangun akan menjadi Mawadah Sakinah wa Rahmah.

Perbaiki mental Anda secara matang. Berusahalah untuk tetap ikhlas dalam menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri pasangan.

Meskipun terlihat remeh, namun ini sangatlah berpengaruh dalam mengarungi rumah tangga nantinya.

2. Perbanyak Doa dan Minta Kepada Allah Diberikan Jodoh Terbaik

Berdoa di sepertiga malam sholat tahajud merupakan salah satu amalan agar cepat depat jodoh menurut Islam.

Sebab manusia hanyalah hamba yang lemah, meskipun usaha yang dilakukan sudah maksimal, kalau takdirnya sudah bukan jodoh maka ia bukanlah jodoh kita.

Oleh karena itu, sebelum mendekati orangnya dekati dulu Tuhannya. Berdo’alah agar Allah senantiasa mempermudah urusan Anda dalam mencari jodoh.

Jangan pernah berputus untuk meminta jodoh yang baik kepada Allah. Karena belum tentu yang menurut kita baik itu adalah yang terbaik menurut Allah.

3. Perbanyak Melakukan Amalan Sunnah Agar Cepat Dapat Jodoh Terbaik

Jika seorang hamba senantiasa menunaikan amalan wajib, sekaligus sunnah, melaksanakan apa yang diperintah dan menjauhi apa yang dilarang, maka Insya Allah doa yang dipanjatkan akan diterima oleh Allah.

Amalan agar cepat dapat jodoh menurut Islam lainnya, seperti Shalat Dhuha, Shalat Tahajud dan Shalat Rawatib.

Ada pun puasa Senin-Kamis yang mana telah disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Agar dapat mengendalikan syahwat dan hawa nafsu bila mana berhadapan dengan lawan jenis.

Demikianlah beberapa doa untuk segera mendapatkan jodoh. Jika ada saran, kritik, dan tambahan, silahkan ditulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

2 thoughts on “4 Doa Mendapatkan Jodoh Dunia Akhirat Menurut Islam”

  1. Ustd saya mau tanya, doa orang tua pasti terkabul, semisal anak kecil yang menyapu bersih biasanya di doakan sama orang tuanya, Lee kamu kalau nyapunya bersih jodohmu cantik, setelah sekian menjalin hubungan dengan wanita, selalu tidak sesuai dengan kehendakku, karena kurang cantikk, aku harus mendahulukan perkataan ibuku duluuu, atau gimnaaa, mohn percerahannya…

    Reply

Leave a Comment