doa nurbuat

Doa Nurbuat (Lafadz Arab, Latin dan Terjemahannya)

Doa Nurbuat – Sebagian orang mungkin masih belum tahu atau bahkan asing dengan doa nurbuat.

Lalu apa itu doa nurbuat? Bagaimana lafadznya? Dan apakah pengamalannya sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?


Doa Nurbuat


Mereka yang familiar dengan doa ini mungkin sudah banyak mendawamkannya. Sedangkan mereka yang belum tahu mungkin akan bertanya tanya jikalau saja doa ini seperti amalan bid’ah atau bahkan dilarang.

Doa nurbuat dianggap sebagian orang sebagai doa yang sangat luar biasa karena memiliki banyak manfaat yang baik bagi manusia.

Ditambah lagi banyaknya pengakuan dari mereka yang mengamalkan kalau doa ini adalah doa yang manjur atau berkhasiat bila diamalkan.

Beberapa yang percaya pada khasiat dari doa nurbuat mengatakan selain sering memanjatkan doa ini orang yang membacanya haruslah selalu bersifat ikhlas.

Lafal Doa Nurbuat

اللَّهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ العَظِيم وَذِى الـمَنِّ القَدِيم وَذِى الوَجْه الكَرِيم وَوَلِيِّ الكَلِمَات التآمات وَالدَّعَوَاتِ الـمُسْتَجَبَات عَاقِلِ الحَسَنِ والحُسَينِ من انفس الحق عين القدرة والناظرين وعين الجن والإنس والشياطين. وَإِن يَكَادُ الذِّينَ كَفَرُوا لَيُزْلِقُونَكَ بِأَبصَارِهِم لما سمعوا الذكر ويقولون إنه لمجنون وماهو الا ذكر للعالمين ومُستجابُ القرآن العظيم وورث سليمان داود عليهما السلام الودود ذو العرش المجيد طَوِّلْ عُمْرِي وصحح جسدي واقض حاجتي واكثر اموالي واولادي وحببني للناس اجمعين وتباعد العداوة كل من بني آدم عليه السلام من كان حيا ويحق القول على الكافرين انك على كل شيء قدير سبحان ربك رب العزة عما يصفون.والسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين.

Allahumma dzis sultaanil ‘azhiimi wa dzil mannil qadiimi wa dzil wajhil kariimi wa waliyyil kalimaatit taammati. Wadda’waatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy syayaatiin.

Wa iyyakaa dzulladziina kafaru layuz liquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa ilaa dzikrul lil ‘aalamiin. Wa mustajaabil qur’aanil ‘aziim wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihis salaam al waduudu dzul ‘arsyil majiid.

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadi waqdii haajati wa aktsir amwaalii wa awlaadii wa habbibnii linnaasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu. man kaana hayyyaw wa yahiqqal qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal mursaliina wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah yang Maha Kuat yang memiliki anugerah dan merupakan Dzat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa mustajab. Penjamin al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia, dan setan.”

“Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka. Ketika mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, ‘Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila’, Al Quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai Dia yang memperkenankan melaluui Al Quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud, dan Dia yang Maha Pengasih sebagai pemilik Arsy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang diperlukan dan perbanyaklah harta dan anakku. Jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak Adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau adzab untuk orang-orang kafir karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha Suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran dari apapun yang (mereka) gambarkan itulah orang-orang kafir. Dan limpahkanlah kesejahteraan pada para Rasul dan segala puji bagi Allah pemilik alam semesta.


Sejarah dan Karomah dari Doa Nurbuat


Menurut sejarah Sunan Bonang mengajarkan doa ini kepada Sunan Kalijaga langsung saat Ia berada di tengah-tengah sungai.

Sunan Bonang pun menyimaknya langsung dari perrahu dan disaksikan oleh banyak orang.

Agar hajat yang kita inginkan dan khodam menjadi nyata, doa ini harus dibaca sebanyak 7 kali. setelah itu sebutkan keinginan kepada Allah di dalam hati.

Mendengar kata khodam mungkin sebagian orang belum mengerti istilah tersebut. Khodam berarti juga pembantu yang berasal dari bahasa Arab khodim.

Orang ke-Jawen sering mengait-ngaikan khodam dengan hal ghaib terutama bantuan jin.

Seorang Muslim tentu tidak disarankan bahkan dilarang berhubungan dnegan hal-hal yang demikian karena sama saja dengan syirik.

Syirik sendiri tergolong dosa besar karena merupakan perbuatan menyekutukan Allah yang Maha Esa.

Bagi mereka yang percaya khodam dan sejenisnya doa nurbuat dianggap memiliki karomah tinggi.

Karomah tersebut berkaitan dengan ikatan cinta atau mahabbah. Siapapun orang yang diinginkan menjadi jodoh dipercaya bisa diikat hatinya menggunakan doa ini.

Beginilah caranya mengamalkan doa ini agar benar-benar mendapatkan karomah dari khasiatnya:

1. Membaca ilaa hadhratin nabiyyil mustafaa shallallahu ‘alaihi wa sallam dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah sebanyak satu kali.

2. Kedua, membaca: Tsumma ilaa hadlraati ikhwaanihii minal anbiyaa’i wal mursaliin wal auliyaa’i wasy syuhadaa’i wash shahaabati wat taabi’iina wal ulamaa’i ‘aamiliina wal mushannifiinal mukhlishiina wa jamii’il malaaikatil muqarrabiina lalu membaca Al Fatihah lagi satu kali.

3. Menyebut ilaa khusushan syekh Abdul Qadir Jailany, Syekh Qori, syekh Madi, syekh Omandari, syekh Ahmad Al Falatil Bauni, dan kemudian baca Al Fatihah lagi 1x.

4. Lalu membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3x.

5. Diteruskan membaca surat Al Falaq sekali saja.

6. Dilanjutkan dengan Surat An Nas sebanyak satu kali.

7. Terakhir bersholawat Nabi sebanyak 21x.

Karomahnya

1. Membuat awet muda.

2. Segala hajatnya akan tercapai bila ritin dibaca sehabis shalat.

3. Musuh berbalik menjadi sayang kepada yang membaca doa nurbuat.

4. Diperlihatkan hal-hal indah bila membacanya sebanyak 100x setiap malam.

5. Dipercaya dapat mempertemukan dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam mimpi.

6. Memudahkan persalinan bila dibaca wanita yang akan bersalin.

7. Menyembuhkan mata sakit bila dibacakan lalu ditiupkan ke mata yang sakit.

8. Mendapat kemuliaan dimata masyarakat jika dibaca secara rutin.

9. Jika ingin melamar pujaan hati berpuasa sehari, tidur cepat dimalam hari. Setelah sebelumnya membaca doa ini terus menerus ditempat yang tersendiri.


Kejanggalan dalam Doa Nurbuat


1. Kesalahan tata bahasa

2. Susunan kalimat yang tidak sistematis dan tidak memiliki kaitan. Contoohnya saja dibagian awal dari doa tersebut isinya memuji Allah, lalu kemudian mengutip ayat yang tidak ada kaitannya dnegan kalimat sebelumnya.

3. Isi permintaan dalam doa tidak tepat

4. Sejarah asal usul doa yang tidak jelas dalilnya.

5. Tata cara mendawamkan doanya juga janggal. Tidak ada asma Allah yang disebutkan begitu pula Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Justru para syekh yang buka sahabat Nabi disebutkan. Meskipun di dalam doanya disebutkan nama Allah dan Rasulullah tetap saja mengkhususkan atau mengkultuskan doa bagi orang-orang tertentu tidak diperbolehkan.

6. Keutamaan atau karomah yang didapat sangat berlebihan. Jelas sekali jika karomahnya menjerumus pada khodam jin yang mengarah pada praktek syirik.

7. Rasulullah tidak pernah mencontohkan doa ini. Sehingga riwayat doa ini sifatnya subhat dan dhaif. Dari isi dan penjelasan-penjelasan diatas saja sudah bisa disimpulkan tak mungkin doa ini berasal dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Untuk itu sebaiknya doa ini tidak perlu dibaca dan lebih baik memperbanyak membaca Al Quran.

Demikian penjelasan kami mengenai Doa Nurbuat | Shahihkah? Berikut Lafadz dan Penjelasan Lengkapnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment