Doa Pagi Hari Lengkap (Arab, Latin dan Terjemahan)

Pagi hari merupakan waktu untuk mengawali hari, dengan berbagai aktivitas.

Namun tidak jarang, orang-orang memilih kembali tidur selepas melaksanakan sholat subuh ketimbang memanjatkan doa pagi hari.

Godaan untuk kembali memejamkan mata sangat kuat terlebih ketika mendapati udara pagi yang begitu dingin tidak dapat dielakkan.

Mungkin memang wajar hal itu terjadi, namun sebenarnya betapa ruginya orang-orang tersebut.

Karena terdapat banyak sekali hal positif untuk dapat dilakukan ketimbang tidur.

Datangnya pagi hendaknya disambut dengan penuh semangat, dan bukan saatnya untuk berleha-leha apalagi pulas tertidur.

Pepatah yang umum kita dengar di masyarakat, dimana biasanya disampaikan oleh orang tua “jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam”.

Merupakan sebuah ungkapan yang menunjukkan bahwa bagaimana seharusnya kita memulai hari lebih pagi dengan produktif.

Sudah sepatutnya sebagai seorang yang beriman, agar tidak kehilangan berkah harus menguatkan niat dan ikhtiar di awal hari bermula, tentu saja pada pagi hari.

Berbagai hal dapat dilakukan untuk mengawali hari dan menjadi manusia yang produktif.

Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW hendaknya kita mengawali hari dengan berdoa.

Dzikir dan doa pagi hari sangatlah baik untuk diamalkan, tentu saja sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk kembali menyambung hidup dan beribadah.

Selain itu, dzikir dan doa pagi hari juga sebagai permohonan kita agar diberikan ridho dan dimudahkan untuk menjalani hari dengan berbagai aktivitas yang akan kita laksanakan.

Waktu utama untuk membaca dzikir dan doa pagi hari adalah saat masuk waktu subuh sampai terbitnya matahari. Namun boleh juga dibaca sampai mendekati waktu dzuhur.


Amalan Dzikir dan Doa Pagi Hari


Mengenai bacaan dzikir dan doa pgi hari sebenarnya terdapat berbagai macam. Berikut ini diantaranya beberapa amalan dzikir dan doa pagi hari yang dapat diamalkan.

1. Awali dengan Ayat Kursi

Sebagai doa untuk memohon perlindungan hingga petang.

2. Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas

Masing-masing sebanyak tiga kali, untuk mendapatkan kecukupan atas segala sesuatu.

3. Membaca Doa Pagi Hari

Untuk mendapatkan rahmat dan pertolongannya, memohon kebaikan dan perlindungan dari kejahatan baik di dunia maupun di akhirat, keselamatan agama, keluarga, harta, dan dunia.

4. Membaca Sayyidul Istighfar

Barang siapa yang mengucapkan dzikir ini pada siang hari lalu mati pada hari itu sebelum petang, maka ia termasuk ke dalam penghuni surga.

5. Lanjutkan dengan tahmid, tahlil, dan dzikir lainnya

Jika memang masih banyak waktu sebelum mulai beraktivitas, alangkah lebih baik kita menyempatkan untuk bertilawah Al-Qur’an.

Sangat baik diamalkan pada pagi hari, ketika suasa belum terlalu ramai, serta udara pagi yang sejuk, dapat menimbulkan kenyamanan.

Sehingga akan memudahkan hati dan akal pikiran kita menjadi lebih cepat untuk merasakan getaran dan spirit bacaan ayat-ayat Al-Qur’an

Dzikir pagi merupakan suatu amalan yang perlu sering dilaksanakan.

Sebab selain untuk mengawali hari dengan penuh semangat, juga untuk mengingat Allah SWT, dengan harapan agar berdampak pada kelancaran aktivitas kita.

Rasulullah SAW sendiri tidak akan menjumpai pagi hari selain untuk bergegas menjalankan aktivitas.

Utamanya setelah melaksanakan dzikir dan doa pagi hari.

Bahkan kita juga mengenal ungkapan “siapa cepat dia dapat”.

Dengan makna bahwa barang siapa yang bergegas dalam menjalankan aktivitas ia akan mendapatkan keberutungan.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan untuk kita tidak mengamalkan hal tersebut.

Karena jika tidak, kita hanya akan termasuk orang yang merugi.


Doa Pagi Hari


Doa Pagi Hari Pendek

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

“àllàhummà bikà àshbàhnà, wà bikà àmsàinà, wà bikà nàhyà, wà bikà nàmutu, wà ilàikàn nusyuru.”

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku menjalani pagi hari, dengan-Mu aku menjalani sore hari, dengan-Mu aku hidup, dengan-Mu aku mati. Hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

Doa Pagi Hari Sesuai Sunnah Rasulullah

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

“Ashbahnà wa ashbahal mulku lillàhi wal hamdu lillàhi, là ilàha illallàhu wahdahū là syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alà kulli syai‘in qadīr.

Rabbi, as’aluka khaira mà fī hàdzihil lailata wa khaira mà ba‘dahà, wa a‘ūdzu bika min syarri mà fī hàdzihil lailata wa khaira mà ba‘dahà.

Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzàbin fin nàri wa ‘adzàbin dil qabri.”

Artinya:

Kami dan kuasa-Mu menjalani pagi hari. Segala puji bagi-Mu. Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Allah yang menguasai atas segala sesuatu.

Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar).

Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Allahumma ìnnì as aluka ‘ìlman naafì’aa wa rìzqan toyyìbaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni).

Demikian beberapa penjelasan kami mengenai Doa Pagi Hari Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment