Doa Pembuka Acara Terlengkap (Arab dan Terjemahannya)

Doa pembuka acara merupakan suatu tradisi dan keharusan dalam adat warga muslim di Indonesia.

Hampir di setiap acara besar selain salam sebuah acara dibuka dengan membaca doa.


Adab Saat Berdoa


Dalam membaca doa atau berdoa kepada Allah SWT ada adab adab yang harus diperhatikan, berikut penjelasannya:

  • Harus khusyu’ dan bersungguh-sungguh dalam berdoa.
  • Harus di resapi dan di maknai serta memantapkan hati saat membaca doa. 
  • Mengangkat kedua tangan dengan telapak tangan terbuka di depan dada atau di pertengahan dada.
  • Berdoa dengan menghadap kiblat
  • Jangan tergesa-gesa dalam membacakan doa.

Doa Pembuka Acara


Biasanya doa yang dipanjatkan tak lepas dari acara tersebut, misalnya saja kelancaran acara. Sebuah hajatan yang digelar tentu diharapkan dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Agar rencana yang telah tersusun berjalan lancar tak ada salahnya bila kita membaca doa pembuka acara.

Diharapkan dengan membaca doa tersebut semua orang yang datang diberi barokah oleh Allah SWt begitu pula dengan hajatan yang digelar.

1. Doa Pembuka Acara 1

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga sholawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya“.

2. Doa Pembuka Acara 2

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba’du.

Artinya: “Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwa-ku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Yang Mahakuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Yang Mahakuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Mahakuasa limpahkanlah salawat dan salam bagi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya“.

3. Doa Pembuka Acara 3

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Artinya: “Segala puji bagi Yang Mahakuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iktikad dan islam. Salawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad Saw berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya“.

4. Doa Pembuka Acara 4

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Artinya: “Puji syukur kepada Allah, doa salawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah“.


Di Indonesia setiap acara yang diadakan kerap disebut sebagai hajatan dan yang mengadakan sebuah hajatan adalah pemilik hajat.

Banyak hajatan yang dibuat semacam acara syukuran, mulai dari hajatan rumah baru, pekerjaan baru, hingga kehidupan baru.

Berikut ini beberapa doa pembuka acara mulai dari acara menempati rumah baru hingga jabatan baru.

Doa Pembuka Acara Selamatan Rumah Baru

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam. Melalui pujian yang sesuai dengan nikmatNya dan menjamin ditambah nikmatNya. Ya Tuhan kami, segala puji bagiMu dan segala apa yang putut atas keluhuran Dzat mu dan kemulyaan serta keagungan kekuasaanMu.”

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dzim atas junjungan kami, dan juga keluarga junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa sallam. Wahai, Allah sesungguhnya kami memohon kepadaMu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar dengan nama Allah kami masuk dan keluar dan kepada Tuhan kami, kami berserah diri. Ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini.”

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا

Artinya: “Berkahilah rezeki-rezeki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami.”

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

Artinya: “Selamatkan kami, agama kami, fisik-fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Yaa Tuhan kami, masukkanlah kami dnegan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar dan berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuuasaan yang menolong.”

Doa Kenaikan Pangkat

Dibawah ini adalah doa yang biasa dipakai dalam pelantikan pejabat terutama dalam lingkungan mahkamah agung.

اعوذ ب الله من الشيطان الرجيم . بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين. والصلاة والسلام علي اشرف الانبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلي اله واصحابه اجمعين.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari Godaan setan yang terkutuk dan dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam dan sholawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan juga seluruh keluarga serta para sahabatnya.”

اللهم انت ربّنا لا اله إلاّ انت خلقتنا

Artinya: “Wahai Allah, Engkaulah Tuhan kami tiada sesembahan yang patut disembah kecuali Engkau yang telah menciptakan kami.”

اللَّهُمَّ مَالِك الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَ تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ

Artinya: “Engkaulah yang menggenggam jabatan dan kekuasaan, Engkau datangkan jabatan dan kekuasaan kepada siapa yang Kau kehendaki dan melepaskan jabatan dan kekuasaan dari siapa saja yang Kau kehendaki.

اللهم اجعلنا ممن له العلم ويقضي بعلمه

Artinya: “jadikanlah kami menjadi bagian dari golongan orang-orang yang meraih ilmu dan petunjukMu.”

اللهمّ اَغْنِنَا بِالْعِلْمِ وَزَيِّنّا بِالْحِلْمْ واَكْرِمْنَا بِااتَّقْوَى وجَمِّلْناَ بِالْعَافِيَةِ

Artinya: “Allah ya Tuhan kami perkayalah kami dengan ilmu, hiasilah kami dengan ketenangan jiwa, dan baguskanlah fisik kami dengan kesehatan.”

Setelah membaca doa pembuka majelis, selanjutnya jadwal dapat dilanjutkan dengan membacakan susunan acara. Susunannya sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al-qur’an
  3. Tausyiah, pidato, sambutan-sambutan atau diskusi
  4. Penutup

Demikian beberapa penjelasan kami mengenai Doa Pembuka Acara untuk Acara Selamatan dan Kenaikan Pangkat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment