Doa Sebelum Tidur Lengkap (Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan)

√ Doa Sebelum Tidur Lengkap (Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan)
hallo-eltern.de

Terdapat begitu banyak keanugerahan yang Allah SWT berikan pada umatnya, diantaranya adalah rasa kantuk. Dimana ketika rasa kantuk sudah melanda, maka kita akan bergegas untuk pergi tidur.

Dan sejak kecil kita sudah diajarkan akan kebiasaan membaca doa sebelum tidur, baik oleh orang tua di rumah maupun oleh guru-guru semasa taman kanak-kanak.

Namun seiring bertambahnya usia terkadang sebagian dari kita justru jarang melakukannya. Kebiasaan baik ini sering kali tidak dilakukan biasanya dengan alasan terlalu lupa karena lelah sehingga cepat jatuh terlelap.

Lalu apakah anda termasuk salah satu dari orang yang demikian? Sayang sekali jika memang seperti itu.

Anda perlu kembali melakukan kebiasaan baik itu lagi. Sebab, terdapat banyak sekali manfaat dari amalan membaca doa sebelum tidur ini.


Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur


wsj.com

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwasanya ketika kita sedang tidur seolah-olah kita hanyalah tinggal raga saja yang tersisa. Itu karena Allah SWT menggenggam jiwa kita.

Islam memandang bahwa ketika seseorang tidur artinya ruhnya terpisah dari raganya. Maka ketika ruh tersebut dikembalikan kepada raga kita, pada saat itulah kita bisa terbangun kembali.

Oleh karena itu coba bayangkan jika kita tidak sempat berdoa sebelum tidur, lalu ketika ruh kita diambil Allah SWT dan tidak dikembalikan lagi, artinya kita berada dalam peristiwa kematian. Hal ini tertulis dalam QS. Az-Zumar: 42

اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَىٰ عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَىٰ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Latin:

Allāhu yatawaffal-anfusa ḥīna mautihā wallatī lam tamut fī manāmihā, fa yumsikullatī qaḍā ‘alaihal-mauta wa yursilul-ukhrā ilā ajalim musammā, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn Terjemah

Artinya:

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”

Untuk itu, sebagai seorang mukmin yang dapat berpikir demikian tidaklah mungkin akan membiarkan dirinya ke dalam kemungkinan untuk ‘diambil’ Allah SWT tanpa persiapan sebelumnya.

Sudah banyak kasus yang terjadi, terdapat orang-orang yang tidur kemudian tidak bangun lagi atau bisa dikatakan meninggal dalam tidurnya. Hal ini bisa diambil hikmahnya dan dijadikan pembelajaran bagi kita.

Dengan membaca doa sebelum tidur , setidaknya ketika mungkin kita ditakdirkan untuk dipanggil kembali pada-Nya, kita dalam keadaan mengingat-Nya. Sebab memang begitu penting untuk senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan.


Doa Sebelum Tidur


Adapun salah satu doa sebelum tidur yang sudah sangat populer kita kenali diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya:

Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Dan kemudian ketika diberikan kesempatan untuk kembali membuka mata, maka sudah seyogyanya kita memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan membaca doa.

Amalan membaca doa yang sangat pendek dan sudah kita hafal di luar kepala ini sebenarnya sangat ringan. Akan tetapi akan berat dilakukan ketika kita tidak mengingat Allah SWT


Amalan yang Dianjurkan Dilakukan Sebelum Tidur


lenteradoa.com

Sesungguhnya setiap doa pasti memiliki manfaat, begitu pula dengan doa sebelum tidur ini. Alangkah lebih baiknya lagi, selain membaca doa tersebut kita bisa berwudhu terlebih dahulu dan menambahkan bacaan doa lainnya, seperti Al-Fatihah, Al-ikhlas, dan juga syahadat.

Secara psikologis pun dengan kita meyakini doa tersebut tentu dapat memberikan efek tersendiri. Doa yang dibara dengan penuh keyakinan dan penghayatan, akan memberikan efek relaksasi yakni ketenangan dalam hati.

Sehingga ketika kita tidur menjadi lebih nyenyak dan dapat dijauhkan dari gangguan jin atau setan. Begitu menakjubkan, ketika kita menyempatkan untuk membaca sudah membaca doa-doa tersebut, lantas kita ditakdirkan untuk menemui ajalnya saat itu juga.

Allah SWT telah menilai bahwa kita meninggal dalam keadaan fitrah dan Islam. Itu berarti Allah SWT menganggap telah menerima dosa-dosa kita, dan kembali seperti saat bayi yang keluar dari rahim ibunya. Maka sungguh akan merugi orang-orang yang tidak mempersiapkan dirinya.

Keyword: Doa Sebelum Tidur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*