Mengecek Keberangkatan Haji

Cara Mudah Mengecek Keberangkatan Haji Lewat Smatrphone

Mengecek Keberangkatan Haji – Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Islam, khususnya yang mampu, sekali seumur hidup.

Sebagai agama mayoritas di dunia, banyak sekali penduduk dari berbagai belahan dunia datang ke Mekkah, Saudi Arabia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut.

Hal itu tentu saja mengakibatkan membludaknya kuota keberangkatan jamaah haji.

Itu sebabnya keberangkatan haji sering kali menjadi tidak seimbang dan membuat daftar tunggu/waiting list menjadi semakin bertambah lama.

Tentu saja sampai saat ini masih banyak sekali penduduk Indonesia yang telah mendaftar keberangkatan haji menunggu giliran waktu keberangkatan.

Masa antri keberangkatan pun berubah-ubah setiap tahunnya, dan bukan waktu yang cukup sebentar.


Cara Mengecek Keberangkatan Haji


haji.dream.co.id

Ada yang harus menunggu sekitar 15-20 tahun dari masa pendaftaran, ada juga yang lebih cepat, bahkan ada juga yang harus bersabar menunggu sampai 41 tahun lamanya.

Bagaimana tidak, dari daftar tunggu haji yang dirilis Kemenag (Kementerian Agama), pendaftar ibadah haji Indonesia telah mencapai sekitar 4.250.000.

Sementara kuota haji yang diberikan Kerajaan Saudi Arabia kepada Indonesia hanya sekitar 201.000 jamaah setiap tahunnya.

Diantara membludaknya daftar tunggu tersebut, ada beberapa kondisi yang tidak bisa dikendalikan.

Ada yang meninggal sebelum berangkat, sakit, atau hamil pada saat keberangkatan, dan kuota haji yang dikurangi karena adanya renovasi Masjidil Haram.

Hal ini juga yang mempengaruhi masa antri keberangkatan.

Oleh sebab itu calon jamaah haji yang sedang menunggu antrian perlu memantau masa keberangkatan haji karena sewaktu-waktu ada perubahan.

Pengecekan perkiraan tanggal keberangkatan haji juga diperlukan untuk mempersiapkan hal-hal lain seperti, biaya pelunasan BPIH, persiapan kondisi fisik dan kesehatan, persiapan perlengkapan, dan pemantapan ilmu manasik haji.

Nah! Bagi anda yang sudah mendaftar untuk pergi haji, jemaah akan memiliki nomor porsi atau nomor antrian keberangkatan haji.

Dengan nomor porsi tersebut, sekarang kamu bisa memantau perkiraan keberangkatan secara online.


Cek Keberangkatan Lewat Smartphone


Dengan perkembangan teknologi di era yang serba digital ini, mengecek tanggal keberangkatan haji pun tidak ribet lagi.

Sekarang kamu bisa menggunakan telepon genggam untuk mengetahui perkiraan keberangkatan kamu ke Mekkah.

Ada 2 (dua) cara mudah untuk cek keberangkatan haji dengan menggunakan smartphone:

1. Aplikasi Cek Porsi Haji

porsiwp.eumroh.com

Cara mudah pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Cek Porsi Haji untuk mengecek informasi keberangkatan haji yang berasal dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kamu harus download dulu di playstore. Setelah mendownload aplikasinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan smartphonemu terkoneksi dengan internet untuk bisa mengakses aplikasi ini
  • Setelah men-donwload aplikasi Cek Porsi Haji, silahkan buka aplikasi tersebut
  • Pilih menu Cek Porsi Haji
  • Masukkan Nomor Porsi Haji mu ke kolom yang sudah disediakan. Nomor Porsi Haji adalah nomor urut pendaftaran haji calon Jemaah yang berjumlah 10 digit. Nomor ini akan kamu dapatkan setelah kamu melakukan setoran awal sebanyak 25 juta ke bank penerima setoran haji dan mendaftar di Kantor Kementerian Agama setempat
  • Setelah masukkan Nomor Porsi Haji, tinggal klik Submit
  • Informasi haji akan muncul di layar smartphone mu dengan lengkap. Diantaranya nama, tanggal estimasi keberangkatan, asal kota/kabupaten, jumlah kuota provinsi tempat anda tinggal, dan posisi kuota pada provinsi

Itu dia cara mengecek keberangkatan haji lewat aplikasi Cek Porsi Haji. Bagi kamu yang mendaftarkan diri melalui haji plus, kamu perlu meminta nomor porsi haji dahulu dari jasa travel haji plus tempat kamu mendaftar.

Nomor tersebut sangat penting karena nomor tersebut merupakan bukti legalmu sebagai calon jamaah yang telah mendaftar di Kementerian Agama RI.

2. Situs Kementerian Agama RI

twitter.com

Selain lewat aplikasi Cek Porsi Haji yang bisa kamu download di google play store, kamu juga bisa cek keberangkatan hajimu melalui situs Kementerian Agama RI.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Buka link https://intip.in/kemenaghaji untuk membuka situs Kementerian Agama RI
  • Masukkan Nomor Porsi Haji pada kolom yang tersedia
  • Klik tombol cari
  • Semua informasi lengkap mengenai keberangkatan haji akan muncul

Itu dia cara mudah mengetahui perkiraan keberangkatan haji hanya dengan menggunakan smartphone, kamu sudah bisa mendapatkan informasi haji dalam sekejap.

Kamu juga tidak perlu khawatir lagi tanggal keberangkatan ibadah hajimu.

Leave a Comment