bisnis syariah

Bisnis Syariah Di Indonesia Beserta Contoh dan Ciri-Cirinya

Bisnis syariah saat ini banyak diminati oleh banyak kaum Muslimin. Kebanyakan dari mereka mengincar bisnis syariah untuk menghindari prakterk ribawi yang tentu dilarang dalam agama Islam. Lalu apa saja bisnis syariah yang sedang trend di Indonesia? Apakah pada prakteknya sejalan dengan syariat Islam?


Bisnis Syariah


Berbicara tentang bisnis maupun investasi memang tak ada habisnya. Berbisnis atau membuka bisnis tentu lebih menjanjikan daripada hanya menjadi ‘pesuruh’ yang menunggu upah saja tiap bulannya. Meskipun hasilnya menjanjikan, tapi berbisnis juga tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pada dunia bisnis, bila seseorang memiliiki modal serta kemampuan menjalankan usaha, maka besar kemungkinan orang tersebut akan mengembangkan uangnya sendiri lewat bisnis. Akan tetapi, jika ia tidak memiliki skill dan modal, biasanya ia lebih memilih untuk bekerja dengan orang lain yang lebih mampu.

Agar bisnis berhasil tentu diperlukan perjuangan yang besar dan mungkin juga ada jatuh bangunnya dalam menjalankan bisnis yang diminati. Bisnis tidak semata-mata membuka sebuah usaha lalu menuai hasil. Bentuk bisnis ada berbagai macamnya dan bentuk bisnis syariah kini banyak diminati oleh para kaum Muslimin.

Arti dari bisnis sendiri adalah sebuah usaha komersia; dalam dunia perdagangan atau memiliki sesuatu karena sebuah usaha. Kata bisnis saat ini erat kaitannya dengan investasi, dimana investasi merupakan upaya penanaman modal dalam sebuah perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Meskipun bisnis dan investasi merupakan dua hal yang berbeda, tapi keduanya tak bisa dipisahkan. Dimana ada bisnis pasti di situ ada investasi dan dimana adda investasi, maka akan terjadi sebuah bisnis. Membuka bisnis memerlukan sebuah investasi, begitu juga dengan investasi yang ditanamkan dalam sebuah bisnis.

Ciri-ciri Bisnis Syariah

Bentuk dari bisnis syariah tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya, seperti membentuk atau membangun usaha untuk memperoleh keuntungan dari konsumen. Hanya saja bisnis ini menerapkan prinsip-prinsip syariat di dalamnya, sehingga mu’amalahnya berdasarkan aturan-aturan yang ada dalam Islam.

Ada empat prinsip ekonomi syariah yang perlu diterapkan dalam menjalankan bisnis, yakni prinsip Ba’i, Prinsip Ijarah, Prinsip Syirkah, Prinsip Wadi’ah, dan Prinsip Mudharabah. Sementara itu ciri-ciri dari bisnis syariah adalah:

1. Berpijak pada nilai-nilai ruhiyah atau selalu sadar akan kehadiran Allah.

2. Memiliki pemahaman terhadap bisnis yang halal dan haram dengan begitu pelaku bisnis mengetahui mana bisnis yang dibolehkan dan mana yang tidak.

3. Mengimplementasikan aturan syariat dalam berbisnis sehingga ada kesesuaian antara teori dan prakteknya. Bukan sekedar melihat untung rugi tanpa paham apa itu prinsip syariah.

4. Tidak hanya berorientasi pada dunia, tapi juga akhirat. Sehingga tidak ada prinsip ekonomi barat dalam bisnis syariah, seperti menginvestasikan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Berbisnis sesuai syariat sama saja dengan beribadah dan bukan sekedar mu’amalah.

Baca juga https://mediasurga.com/ilmu-islam/akad-salam/

https://mediasurga.com/ilmu-islam/akad-wadiah/

https://mediasurga.com/ilmu-islam/akad-ijarah/

https://mediasurga.com/ilmu-islam/akad-istishna/

Contoh Bisnis Syariah di Indonesia

Salon Syariah

bisnis syariah
pinterest.com

Salon syariah ini pelayanannya sama dengan salon pada umumnya. Hanya saja salon ini ditujukan khusus untuk muslimah saja, sehingga wanita muslim tidak perlu gelisah untuk melepas jilbabnya di dalam salon dan bisa melakukan perawatan ddengan nyaman. Sayangnya saat ini belum banyak salon syariah yang di khususkan untuk muslimah.

Kebanyakan dari pemilik salon hanya membuat salon khusus wanita. Dimana salon tersebut tidak hanya untuk muslimah saja, tapi juga wanita nonmuslim. Padahal aurat muslimah tidak boleh terlihat oleh wanita nonmuslim.

Ojek Syariah

bisnis syariah
kumparan.com

Usaha atau bisis ojek online belakangan ini sedang menjamur. Sayangnya kebanyakan dari ojek ini membolehkan penumpang perepuan dengan driver laki-laki berboncengan dan sebaliknya. Namun ditengah-tengah ojek online biasa ada juga ojek online syariah. Dimana penumpang perempuan dibawa oleh driver perempuan dan penumpang pria dibawa oleh driver pria.

Ada juga ojek online yang menggunakan pembatas antara penumpang dengan drivernya. Hal itu tentu saja untuk menghindari adanya sentuhaan antar driver dengan penumpang yang lawan jenis.

Hotel Syariah

bisnis syariah
travel.dream.co.id

Sistem dari hotel ssyariah ini hanya membolehkan tamu lawan jenis yang sudah menikah untuk meyewa kamar yang sama. Sedangkan untuk mereka yang bukan pasangan halal tidak akan diterima. Meskipun pelanggannya nonmuslim atau orang luar negeri sekalipun.

Kosmetik Halal

Bagi pecinta make up kini tidak perlu khawatir lagi akan komposisi haram pada make up. Terutama yang digunakan dibibir karena khawatir masuk kedalam tubuh. Adanya kosmetik halal memudahkan muslimah untuk berias diri.

Properti Syariah

Properti syariah merupakan bisnis yang paling menjanjikan saat ini. Apalagi peminatnya selalu ada peningkatan. Mereka yang berinvestasi pada properti syariah selain karena menghindari riba juga karena modalnya cepat kembali.

 

Keywords: Bisnis Syariah

Leave a Comment