Pengertian Dosa | Dosa Paling Besar serta Penghapus Dosa

Pengertian dosa adalah kesalahan dimana hati merasa ragu dan bimbang dalam menghadapinya serta malu jika perbuatan tersebut diketahui oleh orang lain. Kata dosa merupakan sebuah bentuk kata ism atau isim dalam tata bahasa Arab.


Pengertian Dosa



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dinamakan dosa adalah segala perbuatan yang melanggar hukum Tuhan atau agama.

Tentu jika konteksnya Islam berarti dosa merupakan perbuatan melanggar hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dan ajaran Islam. Dapat dikatakan juga sebagai perbuatan salah terhadap agama, orang tua, adat, negara, maupun hal lainnya.

Dosa merupakan perbuatan buruk karena melakukan larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meniggalkan perintahNya. Orang yang sudah masuk akil baligh dan melakukan dosa disebut sebagai’Asi.

Ada dua kategori jenis dosa dilihat dari besar kecilnya kesalahan yang dia perbuat, yakni dosa besar dan dosa kecil.

Dinamakan dosa besar ketika kesalahan tersebut dikenakan hukuman tertentu baik di dunia maupun di akhirat, seperti berzina, membunuh, dan sebagainya.

Sementara dosa kecil merupakan kesalahan yang mungkin tidak diberikan hukuman tertentu di dunia maupun azab di akhirat, seperti bercakap yang sia-sia.

Dosa-dosa Besar yang Paling Besar

Pertama, syirik kepada Allah. berbuat syirik kepada Allah merupakan bentuk dosa yang paling besar. Syirik adalah kezaliman yang besar dan tidak dapat diampuni oleh Allat Ta’ala.

Oleh karena itu, kita harus menjauhi perbuatan syirik. Entah itu syirik Rububiyyah, syirik Uluhiyyah, maupun syirik Asma wa Sifat.

Kedua, durhaka kepada orang tua. Uquuqul waalidain atau durhaka kepada orang tua juga merupakan dosa besar. Durhaka kepada orang tua akan menghalangi seorang anak untuk masuk surga.

Ketiga, berkata bohong atau berdusta dan membuat kesaksian palsu. Berdusta merupakan dosa besar karena merupakan sebuah keburukan dan kejahatan.

Tidak da manfaat yang kita dapat dari berkata dusta selain menimbulkan kebohongan-kebohongan lain dan justru menambah tabungan dosa.

Faktor-faktor manusia melakukan perbuatan dosa:

1. Terpengaruh dengan lingkungan yang tidak baik.

2. Menginginkan kehidupan bebas tanpa batasan-batasan agama.

3. Angkuh dan sombong akibat harta dan pangkat yang dimilikinya.

4. Memandang ringan dosa yang ia perbuat dan juga peringatan akan azab di akhirat.

Penghapus Dosa-Dosa

Dosa-dosa yang dilakukan manusia sangatlah banyak dan bervariasi sehingga di hari akhir nanti ada hamba yang dosanya menggunung. Terkait hal ini Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Diantara dosa-dosa tersebut ada dosa yang berkaitan dengan hati, seperti meyakini ada yang dapat memberikan manfaat serta mudharat selain Allah.

Ada yang berkaitan dengan ucapa, seperti berdoa kepada selain Allah. Adapula yang berkaitan dengan fi’liyah atau amal perbuatan, seperti thawaf di kuburan, dan lain sebagainya.

Meskipun manusia melakukan berbagai macam dosa, tapi Allah selalu memiliki keluasan untuk menerima tobat serta mengampuni hambaNya. Allah memerintahkan kita untuk melakukan ketaatan sehingga dosa-dosanya dapat terampuni.

Amalan-amalan yang bisa dilakukan misalnya dengan tauhidullah, tidak berbuat syirik, shalat dan semua rangkaiannya. Mendengarkan dan menjawab adzan juga bisa menghapus dosa.

Begitu juga dengan berwudhu. Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, maka dosa-dosanya akan mengalir bersama tetesan air wudhunya.

Melangkahkan kaki ke masjid untuk melakukan shalat berjamaah. Setiap langkah kaki kita saat menuju masjid akan menghapus dosa-dosa.

Tak hanya itu, menunggu waktu shalat di masjid juga dapat menghapus dosa, menangkat derajat, dan didoakan malaikat.

Amalan lain yang dapat menghapus dosa, yakni membaca Al Fatihah dan mengucap aamiin apabila imam mengucap aamiin. Selain itu kita juga bisa memperbanya dzikir dengan bertasbih, bertahmid, dan bertakbir.

Terakhir dan mungkin sering kita lupakan adalah menjaga lisan dan memaafkan kesalahan saudara sesama Muslim.

Marilah kita bersegera melakukan amalan-amalan diatas agar dosa-dosa kita yang menggunung bisa terhapus sedikit demi sedikit.

Keywords: Pengertian Dosa

Leave a Comment