Pengertian Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, dan Burqa

Pengertian Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, dan Burqa

Pengertian hijab, jilbab, khimar, kerudung, niqab, dan burqa berbeda-beda. Meski semuanya termasuk pakaian yang fungsinya untuk menutupi aurat wanita atau perempuan.

Berikut ini masing-masing pengertian dari hijab, jilbab, khimar, kerudung, niqab, dan burqa.


Pengertian Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, dan Burqa



Kata Hijab dalam bahasa Arab maupun istilah Islam memiliki banyak arti. Pertama, hijab berarti . kedua, hijab yang berarti penghalang bagi ahli waris untuk mendapatkan harta warisan karena ada ahli waris yang lebih dekat atau lebih berhak.

Hijab hirman (hijaab hirmaan) berarti seseorang yang menyebabkan ahli waris tidak mendapat bagian sama sekali karena ada ahli waris yang lebih dekat.

Misalnya saja cucu laki-laki tidak mendapat bagian harta waris selama masih ada anak laki-laki.

Hijab nuksan (hijaab nuqsaan) berarti seseorang yang menyebabkan bagian ahli waris tertentu menjadi berkurang karena adanya ahli waris lain. Contohnya, bagian suami berkurang karena ada anak.

Kata jilbab juga memiliki beberapa arti, meski semuanya tertuju pada satu hal yang sama, yakni penutup aurat wanita atau perempuan.

Pertama, jilbab berarti kerudung atau penutup kepala yang dijulurkkan hingga ke bagian bawah dada sehingga menutupi bagian leher dan payudara.

Kedua, jilbab memiliki arti sejenis baju kurung longgar yang dapat menutup kepala, wajah, dan dada.

Ketiga, jilbab berarti kain lebar atau selendang yang menutup bagian kepala sampai dada dan menyisakan bagian muka.

Hijab, Jilbab, Khimar atau Kerudung Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hijab dapat berarti dinding yang membatasi sesuatu dengan yang lain.

Bisa juga berarti dinding yang membatasi hati manusia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Arti lain dari hijab adalah dinding yang menghalangi seseorang dari mendapat harta waris.

Dapat juga berarti kain yang digunakan untuk menutup muka dan tubuh wanita muslim sehingga bagian tubuhnya tidak terlihat atau jilbab.

Sementara jilbab berarti kain lebar yang dipakai wanita Muslim (muslimah) untuk menutupi kepala dan rambut mereka termasuk telinga, leher, dan dada.

Pengertian lain dari jilbab adalah kata bahasa Arab yang berarti baju lebar yang digunakan untuk menutup kepala hingga dada wanita. Kain longgar yang menutup seluruh tubuh, termasuk kepala, rambut, dan telinga, kecuali tangan, kaki, dan wajah.

Khimar sama artinya dengan kerudung. Sedangkan kerudung berarti kain penutup kepala perempuan atau cadar. Cadar sendiri memiliki arti kain yang menutupi seluruh tubuh termasuk kepala dan wajah, kecuali mata dan biasa dikenakan oleh wanita muslim.

Pengertian Niqab dan Burqa

Niqab (nikab) adalah kain penutup wajah kecuali mata. Di Indonesia sendiri niqab juga kerap disebut sebagai cadar atau penutup wajah kecuali mata.

Cadar atau niqab banyak digunakan bersamaan dengan jilbab atau kerudung sebagai sebuah kesatuan. Para muslimah di negara-negara arab, seperti Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman, dan Uni Emirat Arab banyak yang menggunakan niqab.

Beberapa muslimah di Pakistan dan Muslim di Barat serta Indonesia juga ada yang mengenakan niqab untuk melengkapi pakaian muslimah mereka. Niqab sering disalahartikan sebagai burqa padahal cara pemakaian keduanya berbeda.

Burqa merupakan sebuah pakaian muslimah yang menutupi seluruh tubuh yang biasa dikenakan oleh sebagian perempuan muslim di Afghanistan, Pakistan, dan India bagian Utara. Saat ini pakaian ini sudah jarang terlihat dikenakan di luar Afghanistan.

Burqa merupakan rangkapan atau pakaian luar yang digunakan menutupi pakaian sehari-hari dan dilepaskan ketika si wanita pulang kerumahnya dan berada di tengah-tengah mahramnya. Kaum Taliban mengharuskan para wanita untuk memakai burqa saat keluar rumah atau di tempat umum.

Sebelum adanya aturan ini, tidak ada perempuan yang memakai burqa karena burqa merupakan pakaian yang benar-benar mengurung si pemakai. Pakaian ini hanya menyisakan lubang-lubang kecil atau semacam jaring-jaring yang sejajar dengan mata pemakainya.

Meski tidak diwajibkan secara resmi, tapi wanita di Afghanistan memilih untuk memakai burqa demi ketenangan dan kondisi di sana.

Perlu kalian ketahui, bahwasannya pakaian-pakaian di atas tidak hanya digunakan oleh para muslimah saja. Umat lainnya, seperti Nasrani dan Yahudi ortodoks juga ada yang masih memakai jilbab bahkan niqab.

Keywords: Pengertian, Hijab, Jilbab, Khimar, Kerudung, Niqab, Burqa

Leave a Comment