Pengertian Ikhtiar dan Beberapa Maknanya dari Sudut Pandang Al Qur’an

pengertian ikhtiar
kaskus.co.id

Pengertian Ikhtiar adalah sebuah perbuatan dimana seseorang mengusahakan sesuatu agar tujuannya tercapai. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia yang dimaksud iktiar adalah daya upaya, alat atau syarat untuk mencapai maksud, pillihan bebas.


Pengertian Ikhtiar


Ikhtiar secara bahasa artinya memilih. Sedangkan secara istilah ikhtiar berarti kebebasan untuk menentukan pilihan atau sikap akan suatu hal. Bisa juga diartikan dengan usaha memperoleh sesuatu yang dilakukan dengan segala daya dan upaya serta kemampuan untuk mencapai hasil terbaik.

Bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud ikhtiar adalah usaha bebas yang ditentukan sendiri secara integral untuk meperoleh hasil yang terbaik. Didalam Al Quran terdapat beberapa dalil mengenai ikhtiar diantaranya:

Pengertian Ikhtiar dalam QS Ar Ra’du: 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Isi kandungan dari ayat diatas, yaitu Allah memiliki banyak malaikat yang diturunkan untuk selalu mengawasi manusia dari segala sisi secara bergantian. Para malaikat tersebut diberi perintah oleh Allah untuk menjaga manusia.

Tidak hanya menjaganya dan mengawasi, malaikat-malaikat Allah tersebut juga menghitung segala amal perbuatan manusia di bumi ini. Allah juga telah memberikan rahmat kepada manusia, tapi manusi juga perlu berusaha menjemput rahmat tersebut.

Suatu keadaan manusia bisa berubah dengan usahanya sendiri atau dengan kata lain untuk menjemput rizki dari Allah kita harus berusaha terlebih dahulu. Tak akan berubah nasib seseorang itu jika tanpa usaha. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka manusia juga tidak bisa menghindarinya.

Ini juga merupakan sebuah peringatan agar manusia selalu berusaha dalam kebaikan dan tidak berbuat maksiat karena adzab Allah akan datang. Dan sebaik-baiknya pelindung adalah Allah subhanahu wa Ta’ala.

Pengertian Ikhtiar dalam As Saaffat: 61

لِمِثْلِ هَٰذَا فَلْيَعْمَلِ ٱلْعَٰمِلُونَ

limitsli haadzaa falya’mali l’aamiluun

Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja”

Makna dari ayat diatas, yaitu untuk mendapatkan kenikmatan yang sempurna serta kemenangan yang besar hendaknya orang-orang saat masih hidup di dunia memperbanyak usaha. Dalam artian perbanyak beramal sholeh agar di akhirat kelak mendapat kebahagiaan yang juga didapatinya di dunia.

Ayat diatas berisi tentang percakapan antar manusia ketika berada di akhirat. Mereka (umat Islam) bersyukur atas kemenangan yang mereka rasakan di akhirat dan tidak merasakan api neraka. Agar mendapat hal demikian maka saat berada di dunia manusia haruslah berusaha.

Pengertian Ikhtiar dalam Al Insyiqaq: 6

يَٰٓأَيُّهَا ٱلْإِنسَٰنُ إِنَّكَ كَادِحٌ إِلَىٰ رَبِّكَ كَدْحًا فَمُلَٰقِيهِ

yaa ayyuhaa l-insaanu innaka kaadihun ilaa rabbika kadhan famulaaqiih

Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemui-Nya.

Kandungan dari ayat diatas ialah jika seseorang telah berusaha dengan sungguh-sungguh dalam hal kebaikan di dunia, maka Allah akan membalasnya dengan kebaikan pula di Akhirat. Sebalikanya bila di dunia kita banyak berbuat dosa, maka balasan Allah juga menunggu di akhirat.

Sesungguhnya akhirat dan balasan Allah itu ada. Sebagai manusia dan sebagai Umat Muslim sudah seharusnya kita banyak berbuat baik agar mendapat surga kelak.

Pengertian Ikhtiar dalam QS. Al Insyirah: 7

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
Makna dari ayat diatas, yaitu jika Manusia telah selesai dengan urusan dunia, maka dia harus menyelesaikan urusan akhiratnya kemudian. Dia harus sungguh-sungguh dalam beribadah karena hanya kepada Allah lah kita bergantung.

Pengertian Ikhtiar dalam Al Baqarah: 134

تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ ۖ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُم مَّا كَسَبْتُمْ ۖ وَلَا تُسْـَٔلُونَ عَمَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

tilka ummatun qad khalat lahaa maa kasabat walakum maa kasabtum walaa tus-aluuna ‘ammaa kaanu ya’maluun
Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.

Isi kandungan dari ayat diatas adalah umat manusia terdahulu ya itulah mereka dan kehidupan mereka telah berlalu. Bagi mereka amal perbuatan mereka dan bagi kita amal perbuatan kita. Kita tidak dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan mereka begitupun mereka atas kita.

Masing-masing manusia akan diberi balasan sesuai dengan apa yang telah diperbuatnya. Mereka tidak akan dihakimi atas perbuatan orang lain. Tidaklah ada yang memberi manfaat bagi seseorang selain keimanan dan ketakwaannya. Maka dari itu usaha kita adalah usaha kita bukan orang lain.

Pengertian Ikhtiar dalam Surah Ibrahim: 51

لِيَجْزِىَ ٱللَّهُ كُلَّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ

liyajziya laahu kulla nafsin maa kasabat inna laaha sarii’u lhisaab

agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya.

Kandungan dari ayat diatas adalah Allah memberi balasan atas apa yang mereka usahakan. Entah itu perbuatan baik atau perbuatan dosa di dunia. Dan Allah pasti akan membalas setiap manusia berdasarkan apa yang ia perbuat, entah itu baik atau buruk. Sungguh pembalasan Allah itu sangat cepat.

Di dalam sebuah ikhtiar manusia akan menemukan ilmu serta pengalaman baru. Maski begitu tidak semua ikhtiar berujung pada hasil yang kita harapkan. Terkadang dalam berikhtiar kesabaran serta keikhlasan kita diuji.

Bila kita tetap bisa menjaga kesabaran serta keikhlasan tersebut tatkala hasil tidak sesuai keinginan, maka Allah akan memberikan pahala yang berlipat sesuai dengan ikhtiar yang kita lakukan. Usaha manusia tetap tidak bisa merubah ketetapan Allah, tapi dibaliknya terdapat pahala yang banyak bila dilakukan dengan benar.

Ikhtiar dalam Menjemput Rezeki

Pertama, kita harus maksimal dalam berikhtiar dengan kesungguhan takwa. Kedua, doa dipenghujung malam karena sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Ketiga, perbanyaklah beristighfar karena penyebab terhalangnya doa atau usaha terwujud adalah dosa-dosa yang telah diperbuat. Keempat, shalat dhuha karena meningkatkan amalan sunnah merupakan salah satu cara kita mendapatkan cinta Allah. dengan cinta Allah urusan kita bisa dipermudah olehNya.

Kelima, selalu optimis dan yakin akan usahanya. Insya Allah ddengan keyakinan itu Allah akan melihat usaha yang telah kita perbuat. Keenam, sedekah sebagai pendongkrak agar dijabahnya doa. Ketujuh, mohon doa kepada orang tua, keluarga, dan karib kerabat yang istiqamah di jalan Allah.

Kunci Ikhtiar untuk Meraih Hidayah Allah

1. Tidak boleh sombong atau takabur

2. Selalu menggunakan akal dan berfikir yang adil dan benar.

3. Memperbanyak berdzikir.

4. Berusaha untuk selalu menghatamkan Al Quran

5. Bersilaturahmi dengan para orang-orang saleh.

Selama masih diberi hidup di dunia ini sebagai manusia kita harus terus berusaha. Berdiam diri tidak akan membawa kita kepada kesuksesan. Walaupun rezeki ada ditangan Allah, kita tetap harus menjemput rezeki itu sendiri.

Tetaplah berikhtiar dengan maksimal tentu di jalan yang diridhaiNya bukan dijalan yang sesat. Sejatinya hasil yang kita peroleh tergantung pada ikhtiar yang kita lakukan. Jika ikhtiar yang telah kita lakukan sudah semaksimal mungkin, percayalah dan yakini bahwa keberhasilan akan menanti kita di depan.

Manusia terbaik adalah mereka yang terus berusaha memanfaatkan potensi yang ada untuk mencapai sesuaatu. Potensi yang dimanfaatkan tidak hanya dari segi fisi, tapi juga rohaniya, seperti shalat, dzikir, dan bersedekah.

Intinya doa, ikhtiar, serta tawakkal harus selalu berjalan beriringan dan seimbang. Doa tanpa ikhtiar tentu tidak akan menjadikan hasil. Begitu pula ikhtiar tanpa doa menjadikan hasil yang tidak barokah dan tidak maksimal.

Sesudah kita berdoa dan berikhtiar hendaknya kita bersabar akan hasil yang Allah berikan. Jalani semuanya dengan ikhlas dan qanaah. Sesungguhnya apa yang Allah tetapkan bagi hambaNya itulah yang terbaik bagi kita.

Bentuk Ikhtiar

Ada beberapa bentuk ikhtiar yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Bersungguh-sungguh

Contoh dari bersungguh-sungguh, misalnya seseorang menginginkan jodoh yang baik, maka berusahalah dengan sungguh-sungguh dalam memperjuangkannya. Cobalah memperbaiki dan memantaskan diri untuk calon yang diinginkan.

2. Bekerja Keras

Contohnya: misalnya ada orang yang ingin bersekolah ke jenjang perguruan tinggi, tapi tidak ada biaya. Bekerja keraslah dengan belajar agar bisa meraih beasiswa.

3. Pantang Menyerah dan Putus Asa

Contoh dari pantang menyerah dan tidak berptus asa, misalnya: seorang pemula menginginkan keberhasilan dibidang bisnis yang dirintisnya. Ketika mengalami kegagalan ataupun bangkrut orang tersebut harus bangkit kembali dan mencoba dari awal.

Keywords: Pengertian ikhtiar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*