Pengertian Masjid dan Beberapa Masjid Penting Bersejarah

Pengertian masjid adalah tempat atau bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan ibadah bagi umat Islam, seperti shalat dan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala semata.


Pengertian Masjid


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan masjid adalah rumah atau bangunan tempat beribadahnya orang Islam.

Lafal المساد adalah bentuk jamak dari kata مسجد

مسجد Dengan huruf jim yang dikasrahkan berarti tempat khusus yang disediakan untuk shalat lima waktu atau kegiatan keagamaan lainnya.

Sedangkan apabila yang dimaksud adalah tempat untuk meletakkan dahi ketika sujud (tempat bersujud), maka huruf jimnya di fathahkan مسجد.

Secara bahasa kata masjid merupakan tempat yang dipakai untuk bersujud. Kemudian maknanya meluas menjadi bangunan khusus yang dijadikan tempat berkumpul dan juga untuk shalat berjamaah.

Istilah masjid menurut syara merupakan tempat yang disediakan untuk melakukan shalat di dalamnya dan sifatnya bukan untu sementara, tapi tetap.

Pada dasarnya isstrilah masjid menurut syara adalah semua tempat di bumi yang digunakan untuk besujud karena Allah.

Hal tersebut berdasarkan hadits dari Jabir radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَ جُعِلَتْ لِيَ اْلأَرْضُ مَسْجِدًاوَطَهُوْرًا، فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِيْ أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ، فَلْيُصَلِّ ….

Artinya: …Dan bumi ini dijadikan bagiku sebagai tempat shalat serta sarana bersuci (tayammum). Maka siapa pun dari umatku yang datang waktu shalat (di suatu tempat), maka hendaklah ia shalat (di sana)


Masjid yang Menjadi Kiblat


Ada dua buah masjid yang keberadaannya penting bagi umat Islam, yakni Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa.

Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan sebuah kompleks masjid yang terletak di Mekah dimana tempat tersebut dijadikan sebagai kiblat bagi seluruh umat Islam di dunia.

Bangunan ka’bah yang menjadi pusatnya juga berada di kompleks Masjidil Haram. Saat melaksanakan ibadah haji maupun umrah umat Islam mengelilinginya untuk melaksanakan tawaf.

Masjidil Aqsa

Sementara masjidil Aqsa merupakan kompleks masjid yang berada di Yerussalem atau Palestina.

Sebelum Masjidil Haram menjadi kiblat bagi Umat Islam, Masjidil Aqsa terlebih dulu menjadi kiblat bagi Umat Islam.

Tempat ini juga merupakan tempat yang sakral bagi ketiga agama samawi, yakni Yahudi, Nasrani, dan Islam.

Semuanya memiliki sejarah dengan Masjidil Aqsa. Dahulu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam juga melakukan mi’raj disana.

Sebelum itu umat lainnya, seperti Yahudi dan Nasrani juga memiliki cerita yang juga berkaitan dengan Nabi dari Bani Israil.

Itulah mengapa orang Yahudi mati-matian memerangi Islam Palestina karena merasa lebih berhak memiliki Kompleks Masjidil Aqsa.


Masjid-masjid Penting dan Bersejarah


Selain kedua masjid tersebut masih ada beberapa masjid lain yang juga penting di dalam Islam.

Ada Masjid Jin, Masjid Nawirah, Masjid Qiblatain, Masjid Quba, dan Masjid Nabawi.

Berikut ini sedikit info mengenai beberapa masjid tersebut:

Pertama, Mesjid Jin yang terletak di dekat Ma’la. Dinamakan Mesjid Jin karena para Jin bersepakat untuk mengakui Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah utusan Allah. disitu pula tempat turunnya wahyu, yakni surat Jin dan ada kaitannya dengan asbabun nuzul surat Jin.

Kedua, Mesjid Nawirah yang terletak di sebelah barat Padang Arafah. Menurut hikayat disanalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan pidato wada’ (perpisahan) kepada umat Islam yang menunaikan ibadah haji bersama beliau kala itu.

Ketiga, Mesjid Qiblatain sebelumnya bernama Mesjid Bani Salamah yang letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat istana raja ke jurusan Wadi Aqiq. Berubahnya nama mesjid ini berkaitan dengan peristiwa pindahnya arah kiblat Umat Islam.

Semula qiblat menghadap ke arah Baitul Maqdil di Palestina, kemudian turun wahyu agar memindahkan qiblat ke Masjidil Haram.

Jadilah masjid ini diberi nama Masjid Qiblatain karena mengalami pergantian dua kiblat tersebut.

Keempat, Mesjjid Quba yang menurut sejarah Islam merupakan masjid pertama ini terletak di Quba.

Kira-kira berada di sebelah barat daya 5 km dari Madinah.


Demikian penjelasan kami mengenai Pengertian Masjid. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment