Tugas Malaikat Atid | Pencatat Amalan Buruk Manusia

√ Tugas Malaikat Atid | Pencatat Amalan Buruk Manusia
wallup.net

Tugas Malaikat Atid – Malaikat Atid menurut pendapat yang beredar luas di kalangan masyarakat adalah malaikat pencatat amal buruk manusia. Dia selalu mendampingi manusia di sebelah kirinya.

Hal tersebut tentu bertentangan tentang pendapat dari para ulama dan penafsir Al Quran ternama.

Tidak pernah ada dalil yang mengatakan secara jelas bahwa Atid adalah nama malaikat yang tugasnya mengawasi manusia dari sebelah kiri dan mencatat amal buruknya.


Tugas Malaikat Atid


Di masyarakat kita atau setidaknya yang banyak diajarkan dalam pelajaran agama Islam terdapat dua malaikat pencatat amalan manusia, yaitu malaikat Atid dan Raqib.

Malaikat Atid adalah malaikat pencatat amal buruk karena keberadaannya yang mengawasi manusia dari sebelah kiri. Sedangkan malaikat Raqib adalah sebaliknya.

Nama lain dari malaikat Atid adalah Katibin, tapi pendapat itu juga tidak memiliki tafsir yang mendukung.

Kata Katibin diambil dari ayat 11 surah Al Infithar, yaitu kalimat Kiraman Katibin. Arti dari ayat tersebut juga tidak merujuk pada nama dari malaikat pencatat amal perbuatan.

Kesalahan itu merupakan kesalahpahaman kedua setelah penamaan Atid dan Raqib untuk kedua malaikat yang bertugas mengawasi manusia.

Harus kita ingat bukanlah nama dari kedua malaikat tersebut, tetapi keberadaan mereka dan tugasnya. Sehingga dengan demikian kita akan terus ingat dan berhati-hati dalam setiap perbuatan.

Tak adil rasanya membagi nama serta tugas kedua malaikat tersebut tanpa adanya dasar dalil yang jelas.

Tidak ada pula penjelasan lebih lanjut baik di dalam Al Quran maupun hadits mengenai nama malaikat pencatat perbuatan di sebelah kiri adalah Malaikat Atid.

Hanya tertera malaikat dengan tugas mencatat yang muncul dalan surah Qaaf, Al Infithar, dan Az Zukhruf.

Beberapa Ayat Al Quran tentang Keberadaan Malaikat Pencatat Amal Manusia

1. Quran Surah Qaaf: 17 – 18 (Kata Malaikat Atid)

ذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (١٧) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (١٨

Artinya: “(Ingatlah) ketika kedua malaikat mencatat (perbuatannya), yang satu duduk disebelah kanan dan yang satu duduk di sebelah kiri.” Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu mencatat.”

Makna dari kata ‘Atid dalam ayat diatas bukanlah nama dari salah satu Malaikat pencatat amal. Apalagi mengkhususkan nama ‘Atid sebagai nama malaikat pencatat amal buruk yang berada di sisi kiri.

Kata ‘Atid diatas memiliki dua makna. Pertama, senantiasa menyertai tanpa absen. Kedua, adalah penjaga yang dipersiapkan untuk menjaga atau sebagai saksi atas perbuatan seorang hamba.

Penjelasan tersebut ada dalam kitab tafsir Imam Qurtubi yang berjudul Al Jami’ Li Ahkam Quran. Sedangkan imam lainnya, yaitu Syaikh Muhammad bin Sholih Al utsaimin menyatakan bahwa makna ‘Atid adalah senantiasa hadir, tidak mungkin absen atau mewakilkan tugas kepada yang lain. Tak ada satupun yang terluput juga merupakan makna dari kata Atid.

2. Quran Surah Az Zukhruf ayat 80

اَمْ يَحْسَبُوْنَ اَنَّا لَا نَسْمَعُ سِرَّهُمْ وَنَجْوٰىهُمْ ۗ بَلٰى وَرُسُلُنَا لَدَيْهِمْ يَكْتُبُوْنَ

Artinya: “ataukah mereka mengira bahwa Kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami dengar), dan utusan-utusan Kami (malaikat) selalu mencatat di sisi mereka.”

Dalam ayat ini juga tidak dijelaskan nama dari kedua malaikat yang mengawasi kita. Allah hanya berfirman jika Dia mengutus malaikat-malaikatnya untuk mencatat segala perbuatan kita sekecil apapun.

3. Quran Surah Al Infithar: 10 – 11

وَاِنَّ عَلَيْكُمْ لَحٰفِظِيْنَۙ١٠ كِرَامًا كَاتِبِيْنَۙ١١

Artinya: “dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (perbuatanmu).” Yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (amal perbuatan).

Kalimat Kiraman Katibin yang terdapat dalam ayat diatas juga bukan nama lain dari malaikat Raqib dan Atid. Kalimat tersebut juga merupakan sifat sama halnya dengan kata Raqib Atid.

Keyword: Tugas Malaikat Atid

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*