Tugas Malaikat Izrail yang Dikenal Sebagai Sang Pencabut Nyawa

√ Tugas Malaikat Izrail yang Dikenal Sebagai Sang Pencabut Nyawa
sinarviral.net

Tugas Malaikat Izrail – Malaikat Izrail sering juga disebut sebagai malaikat pencabut nyawa. Sebutan malaikat pencabut nyawa sehubungan dengan tugasnya sebagai malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia di muka bumi.

Baik di dalam al Quran maupun hadits malaikat pencabut nyawa disebut sebagai malaikat maut (kematian). Tidak ada penjelasan yang menyebutkan bahwa nama malaikat maut adalah Izrail.

Malaikat pencabut nyawa atau malaikat maut merupakan salah satu dari empat malaikat yang utama. Telah disebutkan juga dalam beberapa ayat Al Quran dan hadits.

Keberadaan malaikat maut harus kita yakini sebagai mana keberadaan malaikat yang lainnya karena itu bagian dari rukun iman.

Berikut ini ayat Al Quran yang berbicara tentang keberadaan malaikat maut.

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Katakanlah!: “Malaikat maut yang diserahi (tugas) untuk mencabut nyawa kalian, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.”[QS As-Sajdah: 11]


Proses Kematian Hamba yang Beriman


Tak ada gading yang tak retak, mungkin pribahasa itu bisa sedikit menggambarkan tentang keberlangsungan hidup manusia di muka bumi.

Selain peribahasa tadi adapula ujaran yang berbunyi, “Semua yang bernyawa pasti akan mati.” Dalam Islam pun kita telah diajarkan bahwa kita diciptakan oleh Allah dan suatu saat akan kembali kepadaNya.

Semua hal itu menunjukkan bahwa hidup manusia tidak ada yang abadi begitu juga dengan makhluk Allah lainnya karena keabadian sejatinya hanya milik Allah.

Seorang hamba yang beriman juga akan menghadapi kematian. Mereka akan merasakan proses kematian yang mudah. Bahkan malaikat maut datang menjemput dalam keadaan damai dan berseri.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menceritakan prosesnya dalam sebuah hadits yang berbunyi:

ثُمَّ يَجِىءُ مَلَكُ الْمَوْتِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَيَقُولُ أَيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ اخْرُجِى إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ

Kemudian datanglah malaikat maut ‘alaihis salam. Dia duduk di samping kepalanya seraya berkata, “Wahai jiwa yang baik, keluarlah menuju ampunan Allah dan ridhaNya.”[HR Ahmad 1853 dan Abu Daud 4753 dan dishahihkan oleh Syuaib Al Arnauth]


Malaikat Maut dan Pasukannya


Mungkin diantara kalian bertanya-tanya bagaimana cara malaikat mencabut nyawa ribuan orang sekaligus?

Malaikat maut diciptakan Allah sebagai wakilNya yang bertugas untuk mencabut nyawa. Tidak hanya itu Allah juga menciptakan pasukan-pasukannya yang juga terdiri dari para malaikat.

Hal ini sesuai dengan keterangan dalam surah Al An’am ayat 61 yang menunjuk malaikat dengan kata jamak.

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ

Artinya: “Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang diantara kamu, ia diwafatkan oleh para utusan kami (malaikat-malaikat) dan mereka itu (malaikat-malaikat) tidak melalaikan kewajibannya.”


Penamaan Malaikat Izrail


Penamaan Izrail sebagai malaikat yang bertugas mencabut nyawa tidak mempunyai latar belakang dalil yang shahih lagi kuat.

Izrail sebagai nama dari malaikat pencabut nyawa yang dikenal luas oleh masyarakat merupakan nama dari sumber cerita Israiliyat atau Bani Israil sebelum masuknya Islam.

Bahkan ulama-ulama masyhur membenarkan bahwa nama malaikat Izrail sebagai malaikat pencabut nyawa tidak ada dalam Islam. Berikut ini beberapa pernyataan mereka.

Imam Al Albani dalam catatan kaki Aqidah Thahawiyah (Takhrij at Thahawiyah) menyatakan:

هذا هو اسمه في القرآن، وأما تسميته بـ “عزرائيل” كما هو الشائع بين الناس فلا أصل له، وإنما هو من الإسرائيليات

Nama malaikat maut adalah nama yang ada dalam Al Quran. Sedangkan nama Izrail yang terkenal di masyarakat tidak berdasar. Itu merupakan nama yang bersumber dari berita israiliyat.

Tak hanya Imam Al Albani, Imam Ibnu Utsaimin juga menyampaikan pendapat yang sama dalam Liqa Bab al Maftuh, Volume 16. Berikut ini pernyataannya:

Tentang malaikat maut (kematian), tidak ada dalil yang shahih mengenai nama Izrail. Nama yang benar adalah malaikat maut. Sebagaimana Allah telah berfirman, “Katakanlah: Malaikat maut yang ditugasi untuk mencabut nyawa kalian.” Tidak terdapat riwayat shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa nama malaikat ini adalah Izrail.

Pada intinya sebagai umat Islam kita diharuskan meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah. perihal nama akan lebih baik jika berpegang pada setuatu yang mempunyai dalil yang kuat. Wallahu a’lam.

Keyword: Tugas Malaikat Izrail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*