Tugas Malaikat Malik Sang Pemimpin para Zabaniah di Neraka

Tugas Malaikat Malik Sang Pemimpin para Zabaniah di Neraka
batebogi.files.wordpress.com

Tugas Malaikat Malik – Malaikat Malik merupakan nama panggilan yang disematkan untuk pemimpin para Zabaniah di neraka.

Malaikat Zabaniah sendiri merupakan para penjaga neraka yang tugasnya menyiksa orang-orang atau penduduk neraka. Mereka digambarkan sebagai sosok yang sadis dan tak kenal ampun terhadap penduduk neraka.


Malaikat Malik


Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa terdapat malaikat-malaikat penjaga neraka yang jumlahnya 19 malaikat sebagaimana jumlah huruf basmalah dengan Malik sebegai pemimpinnya.

Istilah Zabaniah tidak hanya muncul dalam hadits, tapi juga ayat Al Quran seperti dalam surah Al Alaq ayat 18.

Jumlah dari malaikat Zabaniah yang berjumlah 19 malaikat juga telah disebutkan dalam surah Al Muddatstsir ayat 30.

Beberapa Dalil Tentang Malaikat Malik dan Zabaniah adalah sebagai berikut:

1. Quran Surah Az Zukhruf: 77

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مَّاكِثُوْنَ

Artinya: Dan mereka berseru, “Wahai Malik, biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Ia menjawab, “kamu akan tetap tinggal (di neraka).”

Berdasarkan terjemanah diatas dapat kita ketahui bahwa Malik merupakan malaikat penjaga neraka. Ayat diatas mengandung percakapan antara penghuni neraka dengan Malik (malaikat penjaga neraka).

Siksa neraka amatlah berat dan tidak akan pernah berhenti sampai habis dosa-dosa kita dilunturkan oleh panas apinya.

Para penghuni neraka tersebut tidak kuat akan siksa neraka sehingga meminta kepada Malaikat Malik untuk dibinasakan.

Sayangnya kehidupan akhirat adalah kehidupan yang kekal sehingga mereka (penghuni neraka) tidak bisa lari darinya. Sama halnya dengan keganasan api neraka Malaikat Malik juga dikenal karenaa kekejamannya.

2. Quran Surah Al Alaq: 16 – 18

نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ ۚفَلْيَدْعُ نَادِيَهٗ ۙ سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَۙ

Artinya: “ubun-ubun orang yang mendustakan dan durhaka. Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolong). Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah (penyiksa orang-orang berdosa).”

Keberadaan malaikat Zabaniyah telah disebutkan dalam ayat diatas. Berdasarkan ayat tersebut Malaikat Zabaniyyah merupakan Malaikat penyiksa yang menarik ubun-ubun pendosa ke Neraka. Para malaikat tersebut juga merupakan penjaga neraka.

3. Quran Surah Al Muddatstsir: 27 – 30

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا سَقَرُ ۗلَا تُبْقِيْ وَلَا تَذَرُ ۚلَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِ ۚعَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَۗ

Artinya: “Tahukah kamu apa (neraka) Saqor itu? Ialah (Saqor) tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Yang menghanguskan kulis manusia (membakar habis). Diatasnya ada sembilan belas (malaikat).”

Dari ayat diatas dapat diketahui bagaimana kondisi neraka. Neraka (saqor) digambarkan sebagai tempat pembakaran. Dimana orang-orang yang semasa hidupnya banyak melakukan dosa menghabisnya waktunya disini.

Didalam neraka mereka akan disiksa dengan apinya yang selalu membakan habis mereka. Selain malaikat Malik terdapat juga malaikat lain yang jumlahnya 19. Mereka ini yang disebut malaikat Zabaniah atau malaikat azab.

4. Hadits Rasulullah tentang Malaikat Zabaniyah

Pernah suatu saat Rasulullah SAW shalat di dekat Maqam Ibrahim. Kemudian datang Abu Jahal dan mengancam Rasulullah SAW dengan berkata, “Hai Muhammad bukankan aku telah melarang untuk kamu melakukan praktek semacam ini?”.

Rasulullah tidak takut dan justru membalas ancaman Abu Jahal hingga ia marah dan membentak Rasulullah SAW. Abu Jahal sesumbar kalau ia banyak pendukung di wilayahnya. Hingga turunlah surah Al Alaq ayat 17 – 18.

Dan setelah kejadian tersebut Ibnu Abbas menceritakan kisah dari kejadian yang dialami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Beliau berkata, فَوَاللَّهِ لَوْ دَعَا نَادِيَهُ لأَخَذَتْهُ زَبَانِيَةُ اللَّهِ Artinya: “Demi Allah andai Abu Jahal memanggil semua pendukungnya, malaikat Zabaniyah utusan Allah akan langsung menghabisinya [HR. Tirmidzi 3349]


Wujud Malaikat Malik


Malik digambarkan sebagai malaikat yang mempunyai tangan dan kaki dimana jumlahnya sama dengan ahli neraka.

Setiap kaki dan tangan itu dapat berdiri dan duduk serta bisa juga membelenggu dan merantai setiap penduduk neraka yang dikehendakinya. Ada juga yang mengartikan kaki tangan tersebut sebagai pasukan Zabaniah.

Dikisahkan bahwa Malaikat malik memiliki wujud yang sangat menyeramkan sama halnya dengan seramnya neraka.

Bahkan saat Malaikat Malik melihat ke arah neraka maka sebagian api neraka memakan api yang lainnya. Itu dikarenakan api saja takut kepada kegarangan wujud Malik.

Adapula kisah yang menyebutkan bahwa Malik memiliki tubuh yang sangatlah besar dengan wajah yang selalu menampakkan kemarahan, kejam, tak kenal kompromi, dan menakutkan.

Digambarkan kedua matanya jika ia memandangi bumi maka orang-orang yang ada di dalamnya akan mati tak bersisa.

Keyword: Tugas Malaikat Malik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*