7 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Puasa – Bagi umat muslim puasa sudah seperti kebutuhan lahir batin. Dengan puasa sebagian orang meyakini dirinya akan terasa lebih ringan karena mampu mengontrol diri mereka dengan apa yang mereka konsumsi.

Dengan berpuasa kita juga mampu untuk mengendalikan hawa nafsu dan juga menahan diri dari hal-hal buruk sehingga terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah: 183).

Bagi seorang muslim ada bulan dimana diwajibkan bagi semuanya tanpa terkecuali untuk berpuasa yaitu bulan Ramadhan.

Ketika memasuki bulan Ramadhan, umat muslim di dunia akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwasanya selain menahan diri dari makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, umat muslim juga dituntut untuk menahan diri dari segala hal-hal buruk yang dapat merusak nilai puasa bahkan dapat membatalkannya.


Hikmah Bulan Ramadhan dan Manfaat Puasa


mediaindonesia.com

Bulan Ramadhan merupakan momen yang benar-benar ditunggu oleh seluruh umat muslim sedunia.

Kedatangannya disambut dengan suka cita, tanpa memandang kelasnya semua merasakan hal yang sama karena landasannya ajaran yang sama yaitu Al-Qur’an, meski tradisi penyambutannya berbeda-beda.

Bulan Ramadhan juga menjadi salah satu momen yang tepat bagi umat muslim berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala.

Terlepas dari menjalankan kewajiban agama dan memperoleh pahala, berpuasa memiliki manfaat yang secara ilmiah telah diuji oleh orang-orang kesehatan dalam dampak banyak manfaat yang diperoleh untuk kesehatan tubuh selama kamu berpuasa.

Dikutip dari beberapa sumber, puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Penyakit jantung itu sendiri adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam.

Ketika seseorang sudah mengalaminya maka penyembuhannya bukanlah travelling dan uang yang akan dikeluarkan juga tidak sedikit.

Dilansir dari Alodokter, salah satu penelitian menemukan bahwa seseorang yang berpuasa selama sebulan sekali memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada yang tidak.

Selain itu, puasa juga dapat mencegah hal-hal yang menyebabkan penyakit jantung, seperti mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain berpuasa, mencegah munculnya penyakit jantung juga harus diimbangi dengan asupan makan yang masuk ke dalam tubuh.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan karena mengandung zat-zat yang baik.

Menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak berlebihan, seperti halnya gorengan dan makanan kuah dengan minyak.

2. Berat Badan yang Semata-Mata Akan Turun

Lemak dalam berlebihan dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung.

Oleh sebab itu, salah satu manfaat puasa bagi kita adalah dapat menghilangkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Salah satu manfaat ibadah ini adalah dapat membantu menghilangkan lemak tak sehat. Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Dengan begitu, lemak berlebihan akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Ketika kita berpuasa, tubuh kita akan secara sendirinya membakar lemak berlebihan di sekitar organ seperti ginjal maupun hati. Hal ini dapat membantu mencegah fungsi organ yang terganggu.

Disamping itu dengan adanya pembakaran lemak bisa menjadi energi saat kita berpuasa dan dapat juga menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian para ahli yang telah banyak dikutip oleh berbagai tulisan mengatakan bahwa apabila berpuasa secara benar dan teratur kita bisa memperoleh manfaat jangka panjang bagi tubuh.

Yaitu seperti membantu meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan.

3. Gula Darah yang Stabil

Sakit gula merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani, dan penyakit ini juga membutuhkan pengontrolan dalam hal mengkonsumsi makanan, jika tidak akan berdampak fatal.

Dengan berpuasa setelah diuji secara ilmiah dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan, yaitu lebih dari tiga puluh persen (dikutip dari doktersehat).

Hal itu dapat terjadi di beberapa hari pertama berpuasa.

Dianjurkan pula untuk selalu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil karena kelebihan ataupun kekurangan kadar gula darah dalam tubuh sama-sama tidak baik.

4. Sehatnya Kondisi Mental

Selain memberikan manfaat secara fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa saat puasa tubuh dapat memproduksi banyak endorphin yaitu hormon yang membuat bahagia.

Hal itu dapat meningkatkan mood, meningkatkan rasa bahagia, mencegah depresi dan juga gangguan kecemasan.

Efek tersebut biasanya akan dirasakan setelah kurang lebih tiga sampai empat hari. Hal itu disebabkan karena tubuh harus beradaptasi terlebih dahulu saat berpuasa.

5. Membuang Zat Racun dalam Tubuh

Manfaat puasa yang bisa dibilang paling bermanfaat adalah membantu mengeluarkan zat racun yang ada di dalam tubuh.

Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain berolahraga, cara mengeluarkan racun ini adalah dengan berpuasa. Saat seseorang berhenti mengkonsumsi makan dan minuman minimal selama sehari, racun dapat dikeluarkan secara efektif.

Pengeluaran racun ini bisa melalui keringat, buang air kecil, atau saat melakukan buang air besar.

Jika racun-racun di dalam tubuh anda telah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

Saat puasa, tidak ada makanan yang dikonsumsi hampir sehari penuh.

Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat, sehingga tubuh dapat lebih fokus pada pembuangan racun di dalam tubuh.

Lalu saat proses pembakaran lemak menjadi energi, tubuh juga akan membakar racun berbahaya yang ada pada lemak yang tersisa.

6. Otak Akan Senantiasa Berkembang

Otak manusia adalah struktur pengaturan atau ruang kontrol yang menjalankan ribuan fungsi. Bisa dianggap sebagai organ paling canggih yang terdapat di tubuh.

Para pakar dalam kesehatan berpendapat bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (Brain Derived Neurothopic Factor) di otak.

BDNF berfungsi untuk membantu tubuh meningkatkan fungsi otak dan memproduksi lebih banyak sel-sel otak.

Selain itu, BDNF juga dapat melindungi sel-sel otak serta mengurangi depresi sekaligus resiko terkena demensia atau pikun.

7. Idaman Untuk Menjadi Awet Muda

Ada beberapa cara untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, baik secara kimiawi maupun herbal. Awet muda menjadi hal yang diidam-idamkan setiap orang baik itu pria atau wanita.

Salah satu caranya bisa didapatkan dengan cara berpuasa. Dengan berpuasa tubuh akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolisme dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan.

Penghentian proses metabolisme inilah yang dapat menghambat penuaan dini.

Selain itu, berpuasa juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh secara signifikan sekaligus meningkatkan antioksidan yang juga dapat membuat kita awet muda.

Dengan menjalankan puasa rutin sesuai ketentuannya, maka akan berdampak baik bagi diri masing-masing.

Baik itu berupa kesehatan, cantik luar dalam, meningkatkan kecerdasan otak, membuang zat-zat yang semestinya tidak ada dalam tubuh alias racun dan juga yang paling penting kesehatan mental.


Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan apabila melaksanakan puasa.

Selain mendapatkan pahala, tubuh juga lebih sehat secara fisik dan mental. Dan akan lebih bagusnya juga dengan berpuasa kantong kita pun akan tetap sehat.

Jangan pernah meremehkan ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi ajaran kita ya, meski itu sunnah apalagi kalau wajib.

Selagi kita masih bisa melaksanakannya maka lakukanlah. Karena itu akan berdampak baik untuk diri kita sendiri terkhususnya umat muslim.

Demikian penjelasan kami mengenai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia . Semoga bermanfaat.

Leave a Comment