Pengertian Sejarah Pendidikan Islam dan Kedudukannya

pengertian sejarah pendidikan islam
muslimvillage.com

Pengertian sejarah pendidikan Islam berbeda dengan sejarah kebudayaan Islam, meski pendidikan itu sendiri lahir dari sebuah kebudayaan dan peradaban. Sejarah pendidikan Islam juga disebut sebagai Tarikut Tarbiyah Islamiyah.


Pengertian Sejarah Pendidikan Islam


Sebelum masuk kepada pengertian sejarah pendidikan Islam ada baiknya kita tahu apa itu sejarah dan apa itu pendidikan Islam? Kedua hal ini merupakan dua hal berbeda yang menjadi bagian dari sejarah pendidikan Islam.

Sejarah dalam Bahasa Arab disebut juga dengan tarikh yang berarti ketentuan masa. Secara terminologi sejarah berarti peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau. Sedangkan dalam bahasa Inggris sejarah disebut juga history yang berarti pengalaman masa lampau dari umat manusia.

Kata sejarah dapat juga diartikan sebagai catatan yang berhubungan dengan kejadian-kejadian masa lalu yang diabadikan dalam laporan-laporan tertulis dan dalam ruang lingkup yang luas. Kajian ilmu sejarah meliputi peristiwa sosial, politik, ekonomi, agama, maupun budaya dari sebuah bangsa atau dunia.

Sedangkan Kata Islam pada Pendidikan Islam menunjukkan warna pendidikan tertentu, yakni pendidikan yang bernuansa islami atau pendidikan yang berdasarkan syariat Islam. Bisa juga diartikan sebagai bimbingan yang diberikan oleh pendidik agar peserta didik berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam.

Berangkat dari pengertian sejarah dan pendidikan Islam diatas, dapat disimpulkan mengenai pengertian sejarah pendidikan Islam. Jadi, sejarah pendidikan Islam adalah rekonstruksi masa lalu pendidikan Islam, baik dari segi istitusi maupun kegiatannya.

Tarikut tarbiyah Islam meliputi dua hal, yakni:

a. Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu sejak zaman kelahiran Islam hingga saat ini.

b. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi istitusi maupun operasionalnya dari dulu hingga kini.

Objek dan Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam

Objek sejarah pendidikan Islam meliputi fakta-fakta yang berhubungan ddengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik yang formal maupun nonformal. Sebagai cabang ilmu pengetahuan obyek sejarah pendidikan Islam secara umum tidak jauh berbeda dengan obyek kajian sejarah pendidikan.

Ilmu Sejarah biasanya dikaji dari sudut pandang suatu fakta atau kejadian tentang peradaban bangsa dari masa ke masa. Dengan demikian akan diperoleh apa yang disebut sejarah serba objek. Hal ini sejalan dengan peranan agama Islam sebagai penyeru dalam kebaikan dan mencegah kemunkaran menuju kehidupan sejahtera dunia dan akhirat.
Dilihat dari segi corak dan pendekatannya ilmu pendidikan Islam terbagi kedalam empat bagian, yaitu:

1. Ilmu pendidikan Islam yang bersifat normative ferenialis

2. Ilmu pendidikan Islam yang bersifat filosofis

3. Yang bersifat historis empiris

4. Dan yang bersifat aplikatif

Bisa dikatakan bahwa sejarah pendidikan Islam merupakan bagian dari empat corak dan pendekatan ilmu pendidikan Islam, yaitu yang bersifat historis empiris. Sejarah pendidikan Islam memuat aspek historis pendidikan Islam mulai dari zaman prakenabian sampai dengan penyebaran dan perkembangannya di Indonesia.

Sejarah Pendidikan Islam

Menelusuri proses pendidikan Islam dapat dilihat dari sejarah diutusnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Sebelum menjadi seorang Rasul, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam telah melalui peristiwa-peristiwa yang dari kesemua itu merupakan persiapan-persiapan yang dirancang Allah untuk menjadikan beliau sebagai seorang pendidik bagi umatnya.

Pada proses pendidikan Islam selanjutnya secara terus-menerus dipraktekkan oleh para pengikutnya sebagaimana yang telah dicontohkan Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Dari tanah Arab berkembanglah Islam ke seluruh penjuru dunia.

Tidak ada sudut negeri di dunia ini yang tidak terjangkau oleh Islam. Dalam proses penyebaran dan pengembangannya, Islam tidak dapat dipisahkan dari pendidikan dan pengajaran syariat Islam itu sendiri. Dengan kata lain, Islam dan pendidikan adalah dua hal yang saling menyatu.

Islam sebagai ajaran atau agama harus disampaikan kepada manusia sebagai penerima. Kemudian penyampai pesan atau pendakwah memberikan pembinaan terus-menerus kepada si penerima pesan.

Di dalam konteks pendidikan penyampai pesan yang juga membina disebut dengan guru atau pendidik. Sedangkan penerima pesan sekaligus orang yang dibina disebut sebagai murid atau peserta didik.

Bila ingin mengkaji proses perkembangan pendidikan Islam, maka harus ditinjau sejak berprosesnya Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam lingkungan belajarnya di masyarakat Arab saat itu. Dimana setiap aspek pengalaman dari peristiwa yang beliau lalui sebelum hingga menjadi Rasul mempunyai hikmah mendalam.

Ditinjau dari masa kini, dapat disimpulkan bahwa persiapan-persiapan itu adalah untuk menjadikan Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai seorang pendidik bagi masyarakat jahiliyah. Seorang pendidik haruslah lebih sempurna dan mulia ketimbang orang yang dibinanya.

Kesimpulannya, pendidikan Islam telah ada sejak zaman kenabian Muhammad SHallalahu alaihi wa sallam. Dapat dikatakan bahwa sejarah telah mencatat bahwa Muhammad SAW telah melangsungkan pendidikan yang luar biasa. Pendidikan yang kurikulumnya dirancang sendiri oleh Allah ta’ala.

Periode Sejarah Pendidikan Islam

Pada hakikatnya sejarah pendidikan Islam tidak terlepas dari sejarah Islam itu sendiri. oleh karena itu, periode sejarah pendidikan Islam dapat disamakan dengan periode-periode sejarah Islam itu sendiri. beberapa periode tersebut, diantaranya:

1. Masa Kenabian Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (571 – 632 M)

2. Masa kekhalifahan Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib) 632 – 661 M.

3. Waktu kekuasaan Bani Umayyah (661 – 750 M)

4. Waktu kekuasaan Bani Abbasiyah (750 – 1250 M)

5. Terakhir adalah masa jatuhnya kekhalifahan Islam tahun 1250 M sampai saat ini.

Dengan demikian periodesasi sejarah pendidikan Islam ini mencakup berbagai masa kepemimpinan yang terus dikembangkan hingga akhirnya bisa masuk ke Indonesia. Hal ini juga erat kaitannya dengan kepentingan studi atau kajian Islam di Indonesia.

Kegunaan Sejarah Pendidikan Islam

Secara umum sejarah pendidikan Islam mengandung kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Adapun kegunaan yang dapat kita ambil dari sejarah pendidikan Islam itu adalah:

1. Kegunaan sejarah pendidikan Islam yang bersifat umum adalah sebagai faktor keteladanan. Ilmu sejarah akan menjadi cerminan masa lalu sehingga mempelajarinya dapat membawa kita kepada perubahan ke arah kemajuan.

2. Mengetahui dan memahami pengetahuan dan perkembangan pendidikan Islam sejak masa kelahirannya hingga masa sekarang.

3. Mengambil manfaat dari proses pendidikan Islam masa ke masa guna memecahkan problematika pendidikan Islam pada masa kini.

4. Memiliki sikap positif terhadap perubahan-perubahan dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam.

5. Ikut menunjang pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam pada zaman globalisasi seperti sekarang ini.

Pendidikan Islam itu sendiri memiliki empat fungsi, yaitu: (1) Menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan-peranan penting dalam masyarakat. (2) Memindahkan ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan peranan-peranan tadi dari generasi tua ke muda.

(3) Mendidik anak agar memperbanyak beramal baik di dunia untuk memetik hasilnya di akhirat. (4) Memindahkan nilai-nilai yang bertujuan memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat.

Islam adalah sebuah pendidikan yang kurikulumnya dirancang oleh Allah Subahanahu wa Ta’ala. Ruang belajarnya adalah masyarakat baik itu muslim maupun nonmuslim. Semua peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam adalah materinya dan Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai gurunya.

Kita umat Islam juga merupakan bagian dari peserta didik yang mendalami pelajaran mengenai Islam. Tentu kita belajar tidak lewat Rasulullah secara langsung, tapi lewat Al Qur’an, sunnah dan para guru.

Keywords: Pengertian sejarah pendidikan Islam

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*