Perkembangan Islam Di Dunia | Perbedaan Dakwah Dulu dan Kini

perkembangan islam di dunia
wbur.org

Perkembangan Islam Di Dunia – Perkembangan Islam di Dunia tentunya berbeda dari masa ke masa. Penyebaran serta cara berdakwah jaman dulu dengan kini pun berbeda.

Saat ini Islam menjadi agama yang pertumbuhannya paling cepat di Dunia. Ini berarti ketertarikan dunia akan Islam semakin bertambah.


Perkembangan Islam Di Dunia


Populasi Umat Islam di Dunia adalah yang terbesar kedua setelah Nasrani. Hal ini bisa saja berubah jika tren demografis saat ini berlanjut atau dalam artian Islam akan menjadi negara terbesar di dunia nantinya. Pernyataan ini telah diamati oleh para peneliti-peneliti barat.

Pertumbuhan sebuah agama merupakan sebuah gambaran dari luas penyebaran agama dan pertambahan agama di seluruh dunia.

Umumnya statistik pertumbuhan agama mengukur jumlah absolut penganut, persentase pertumbuhan absolut pertahun, dan pertumbuhan jumlah orang yang pindah agama.

Sebuah penelitian oleh Pew Research Center di Amerika pada tahun 2017 bahkan mengatakan kalau Islam adalah agama yang paling cepat berkembang.

Bahkan diramalkan bahwa di tahun 2050 sampai 2070 populasi Muslim Global akan menjadi yang terbesar di dunia. Ada perbedaan dalam perkembangan Islam di zaman dulu dengan saat ini. Inilah penjelasan lebih jelasnya:

Perkembangan Islam di Masa Awal

Agama Islam berkembang pesat di awal-awal kemunculannya tidak lain karena peran dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sendiri yang gigih dalam berdakwah.

Selain itu adanya perdagangan, penaklukan wilayah serta dakwah lewat ilmu pengetahuan dan budaya menjadikan pertumbuhan populasi Islam berkembang pesat.

Umat Islam mulai mengekspansi wilayah pemerintahannya keluar Jazirah Arab. Dimulai dari Suriah, ke Afrika Utara, dan Spanyol.

Wilayah Zoroaster, wilayah Hindu-Budha di Asia Tengah, sebagian Asia Selatan dan Asia Tenggara juga berhasil di taklukkan. Berdakwah lewat cara perdagangan merupakan keberhasilan di kawasan Asia.

Peradaban Islam juga menjadi kunci penting dalam perkembangan agama monoteisme ini di masa awal kemunculannya.

Hukum-hukum Allah yang tertuang dalam Al Quran sangat bijak dan menguntungkan semua pihak. Hal inilah yang juga menjadi kunci keberhasilan dakwah Rasulullah dan para pengikutnya.

Bukti

Bukti Islam berkembang pesat di seluruh dunia kala itu salah satunya adalah dipakainya Bahasa Arab sebagai Bahasa Internasional sebelum bahasa Inggris.

Islam memang bukan agama Arab, tapi Islam pertama kali muncul di jazirah Arab. Oleh karenanya Arab identik dengan Islam termasuk juga bahasanya seperti yang dipergunakan juga pada Al Quran.

Bukti paling mendasar perkembangan Islam di Dunia adalah Al Quran dan Sunnah. Dua hal ini secara berangsur-angsur diturunkan dan tidak pernah berubah.

Bahkan banyak teolog-teolog barat yang mempelajari Islam lewat Al Quran. Setelah mengkaji Al Quran dan Sunnah lebih dalam kebanyakan dari mereka sadar akan kebenarannya dan memeluk Islam.

Menurut para sejarawan pajak merupakan hal terpenting dalam pertumbuhan Islam pada masa lalu. Pajak dibayarkan oleh mereka yang nonMuslim (kafir) untuk mendapat perlindungan yang sama dengan kaum Muslim.

Sedangkan Muslim tidak membayar pajak tapi diwajibkan untuk membayar zakat sebesar ketentuan zakat yang sesuai dengan Al Quran dan Sunnah.

Peraturan mengenai pajak bagi non-muslim ini diberlakukan setelah masa kekhalifahan 4 khulafaur rasyidin. Terutama di daerah-daerah ekspansi karena pemerintahan Islam saat itu membuat kebijakan agar Islam bisa semakin maju.

Para sejarawan berpendapat banyaknya populasi Umat Muslim saat itu karena penduduk daerah ekpansinya yang berpindah agama.

Beberapa berpendapat kalau mereka berpindah agama karena merasa Islam itu agama yang adil dan damai. Sedangkan yang lainnya berpendapat kalau berpindahnya agama penduduk asli karena ditekan oleh pemerintahan Islam.

Seperti yang kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang damai dan Allah menurunkan agama ini sebagai rahmatan lil alamin. Jadi, tidak mungkin bila di dalam Islam ada pemaksaan orang untuk memeluk agama Allah ini.

Perkembangan Islam di Masa Kini

Tercatat di tahun 1990 populasi Umat Islam mencapai 1,1 milyar jiwa dan di tahun 2010 populasinya bertambah menjadi 1,6 milyar jiwa.

Sebuah studi komprehensif pada tahun 2009 di Amerika menyimpulkan bahwa pupulasi Umat Muslim di dunia mencapai 23% dan paling banyak tersebar di wilayah Asia (sekitar 60% dari total Muslim keseluruhan). Tiap tahunnya populasi Muslim meningkat 2,2%.

Angka pertumbuhan ini tidak didapat karena perpindahan agama saja karena banyaknya orang yang mualaf hampir sama banyaknya dengan orang yang murtad.

Tingginya angka pertumbuhan populasi Umat Islam saat ini lebih dikarenakan angka kelahiran bayi dari keluarga Muslim. Angka kelahiran Muslim di Asia, Timur Tengah, dan Eropa meningkatkan angka populasi Muslim dunia.

Di dalam Islam memang mengenal ajaran kalau anak itu membawa rezekinya masing-masing, sehingga semakin banyak anak akan semakin banyak rezekinya.

Ajaran Islam juga tidak memperbolehkan aborsi maupun penekanan tingkat kehamilan. Islam juga tidak membatasi umur menikah, ketika dia sudah siap daripada berzina akan lebih baik untuk menikah.

Hal-hal seperti ini yang tidak ditemukan di agama lain apalagi mereka kaum atheis maupun komunis. Menikah dan beranak pinak dianggap tidak memanusiakan manusia. Kebangkitan Islam setelah keterpurukannya juga menjadi faktor berkembangnya Islam masa kini.

Vatikan pernah menyatakan di tahun 2008 bahwa untuk pertama kalinya Islam telah mengalahkan jumlah umat katolik secara global.

Dan dibenarkan bahwa keluarga Muslim terus menghasilkan banyak anak dimana umat lain justru sebaliknya. Sesuai dengan prediksi penelitian dunia bahwa antara 2010 hingga 2050 populasi Muslim meningkat karena mualaf dan angka kelahiran.

Studi tersebut juga mengungkapkan pernikahan di usia muda dan tingkat kesuburan yang tinggi di kalangan Muslim akan membuat populasi Umat Islam sama dengan Umat Kristen di tahun 2050. Tahun-tahun setelahnya populasi Umat Muslim bahkan bisa melebihi Umat Kristen.

Bukti Perkembangan Islam di Dunia

Al Quran dan Sunnah merupakan hukum mutlak dalam Islam. Hukum-hukum di dalam Islam banyak yang dikaji oleh dunia barat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya saja sistem perbankan Islam.

Tidak hanya itu setiap dinasti Islam meninggalkan jejak historisnya, baik berupa Ilmu pengetahuan maupun kebudayaan.

Dimana peninggalan-peninggalan tersebut juga masih ada hingga saat ini dan bahkan peninggalan di bidang ilmu pengetahuan diterapkan juga di dunia barat.

Situs-situs sejarah Islam yang tersebar di berbagai negara merupakan bukti perkembangan Islam di dunia. Banyaknya karya-karya Ilmuwan muslim yang disadur untuk penelitian-penelitian masa kini juga bentuk lain dari perkembangan Islam di dunia.

Saat ini Islam bahkan menyebar hingga ke wilayah Amerika dan Australia yang sebelumnya belum pernah di ekspansi oleh dinasti Islam di masa lalu.

Keberadaan Musli di Amerika dan Australia tak lepas dari pengaruh para imigran. Para imigran-imigran yang kebanyakan datang dari negara Islam ini menetap dan berketurunan di negara tujuannya.

Lewat jalan inilah Islam dikenal di Amerika dan Australia. Dimana saat ini banyak juga penduduk asli yang memeluk Islam atau berpindah agama karena merasakan kenyamanan pada Islam.

Itulah sedikit gambaran mengenai perkembangan Islam di dunia. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.

Keyword: Perkembangan Islam Di Dunia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*