Tanah Suci Umat Islam

3 Tanah Suci Umat Islam yang Wajib Umat Muslim Tahu

Berbicara tentang tanah suci umat Islam, tentu kota pertama yang terlintas di benak kita adalah Makkah Al Mukarommah.

Tempat dimana Islam pertama kali diturunkan, tempat Nabi Muhammad SAW dilahirkan, dan tempat dimana terdapat kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia.

Setelah Mekkah, tanah suci umat Islam kedua adalah Madinah, tempat dimana Nabi Muhammad wafat.

Satu kota lagi yang menjadi tanah suci bagi umat muslim ada Yerussalem, Palesina. Disnilah peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi terjadi.


Tanah Suci Umat Islam di Seluruh Dunia


Untuk mengupas ada tempat suci apa saja di setiap kota tersebut, mari kita bahas satu per satu.

1. Mekkah

saidmuniruddin.com

Dijuluki sebagai Umm Al-Qura, artinya Ibu dari semua kota. Banyak yang mengatakan jika Mekkah adalah kota pertama yang diciptakan Allah sebelum kota-kota lainnya.

Kota dengan luas 550 km persegi ini dilindungi oleh malaikat sebelum Allah menciptakan apapun.

Di kota inilah agama Islam disempurnakan syi’ar nya oleh Nabi Muhammad SAW, dan di kota ini juga beliau dilahirkan.

Sebagai tanah suci umat Islam yang pertama ini, kota Mekkah memiliki tempat-tempat suci lainnya yang sering dikunjungi umat muslim untuk berdoa:

  • Masjidil Haram

Disinilah Ka’bah berdiri, pusat kiblat umat muslim di seluruh dunia. Hajar aswad, batu hitam yang dijadikan pijakan oleh Nabi Ibrahim, air zam-zam, dan lain sebagainya.

Masjidil Haram menjadi tempat paling utama bagi umat muslim.

Dari awal pembangunannya tempat suci ini terus mengalami perluasan agar bisa menampung jumlah umat muslim lebih banyak dari seluruh penjuru dunia.

Disini juga terdapat Hijr Ismail, berupa bangunan tembok setengah lingkaran yang terletak di sebelah utara Ka’bah.

Tempat ini menjadi salah satu tempat mustajab untuk berdoa, sehingga banyak orang berbondong-bondong ingin memanjatkan doa disini.

  • Jabal Nur

Jabal Nur adalah tempat bersejarah dalam penyebaran Islam. Di puncak Gunung Cahaya inilah terdapat Gua Hira, tempat pertama kali Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya.

Setiap yang melaksanakan haji atau umrah pasti menyempatkan diri untuk datang ke gunung ini.

  • Perpustakaan Mekkah Al Mukaromah

Perpustakaan ini lah yang menjadi rumah Nabi Muhammad SAW dahulu kala. Tepatnya terletak di sebelah timur Masjidil Haram, di sebelah timur area sa’i.

Kini diberi nama Maktabah Makkah Al Mukarammah,dimana banyak literatur terdapat di dalamnya.

2. Madinah

Tanah Suci Umat Islam
dream.co.id

Madinah adalah titik penyebaran Islam kedua setelah Mekkah, dan menjadi saksi sejarah perjuangan Rasulullah menyebarkan Islam.

Salah satu momen paling menyentuh di kota ini yaitu pertemuan antara kaum Muhajirin dan Anshar.

Tanah Madinah terjamin kesuciannya, hal ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam haditsnya:

Siapa yang mampu menutup usia di Madina, maka hendaklah ia meninggal disana karena aku memberi syafaat pada orang-orang yang meninggal di sana.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).

  • Masjid Nabawi

Tempat ibadah yang sekaligus menjadi makam Nabi Muhammad ini dibangun sendiri oleh Beliau dan para sahabatnya.

Masjid Nabawi tercatat sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Awal dibangun hanya berukuran 50 x 50 m, kini diperluas menjadi 6.024 meter persegi.

Nabi melakukan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Di perjalanan Beliau berhenti membeli tanah penjemuran kurma milik dua anak yatim bersaudara.

Tanah tersebut kemudian Beliau gunakan untuk mendirikan masjid tepat bersebelahan dengan kediaman baru Beliau.

  • Masjid Quba

Sebelum mendirikan Masjid Nabawi, Masjid Quba adalah masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah sendiri.

Masjid ini beliau bangun juga semasa perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah di tanah milik Bani Najjar, berjarak sekitar 5 km dari kota Madinah.

Masjid Quba dibangun di atas kebun kurma seluar 1.200 meter persegi. Usai masjid ini dibangun Nabi memimpin sholat berjamaah pertama di masjid ini.

Tercatat bahwa Nabi rutin mengunjungi Masjid Quba setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu.

3. Yerussalem

ganaislamika.com

Yerussalem merupakan tanah suci umat Islam, tempat berdirinya Masjidil Aqsa.

Tempat yang sungguh mulia menjadi saksi bisu perjalanan Isra’ Nabi Muhammad SAW untuk menerima perintah shalat lima waktu.

Banyak yang tidak tahu bahwa Masjidil Aqsa merupakan kiblat pertama umat muslim sebelum dipindahkan menghadap Ka’bah.

Oleh karena itu hingga kini tempat ini dianggap sebagai salah satu tanah suci umat Islam.

Selain itu Palestina menjadi tempat tinggalnya Bapak dari para Nabi, yakni Nabi Ibrahim AS. Sehingga Palestina menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi umat muslim di seluruh dunia.

  • Masjid Al Aqsha

Ingat dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi? Tentu mengingatkan kita pada masjid yang satu ini bukan? Ya benar, Masjid Al-Aqsa adalah tempat bermulanya perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi ke Sidratul Muntaha.

Seperti yang kita ketahui peristiwa tersebut terjadi dalam waktu satu malam, dimana Nabi menerima wahyu untuk mendirikan sholat lima waktu untuk pertama kalinya.

Selain dianggap sebagai tempat suci oleh umat Islam, masjid ini juga dianggap sebagai bangunan suci oleh umat Yahudi dan Nasrani.

Bagi umat Islam Al-Aqsa tidak hanya tempat penuh dengan sejarah, melainkan juga sebagai kiblat pertama, sebelum kiblat dipindahkan ke Ka’bah.

Demikian penjelasan kami mengenai Tanah Suci Umat Islam, Salah Satunya Juga Diklaim Oleh Umat Kristiani. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment